ASPEK EDUKATIF TAMAN PINTAR YOGYAKARTA

Nur Hidayah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kebijakan yang melatarbelakangi berdirinya Taman Pintar; 2) media yang ada di Taman Pintar; dan 3) aspek edukatif Taman Pintar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Setting penelitiannya adalah Taman Pintar Yogyakarta di JL. Panembahan Senopati No. 1-3. Subjek penelitian sebanyak 16 orang, yaitu pengelola Taman Pintar Bagian Penelitian sebanyak 1 orang, pengunjung orangtua (umum) sebanyak 5 orang, pengunjung siswa sebanyak 5 orang, dan pengunjung mahasiswa sebanyak 5 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji menggunakan metode triangulasi sumber  dan teknik kemudian data dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Taman Pintar dibangun sebagai tempat rekreasi yang mendidik atas wujud peduli Pemerintah Kota Yogyakarta dalam dunia pendidikan terutama untuk bidang sains dan teknologi. Media yang ada di Taman Pintar sangat beragam yang sudah dibagi menjadi enam zona, yaitu playground, gedung PAUD, gedung oval, gedung kotak, gedung memorabilia, dan planetarium dengan alat peraga yang sudah disesuaikan dengan kurikulum pendidikan di Indonesia kecuali pada gedung PAUD. Aspek edukatif (kognitif, afektif, psikomotor) di Taman Pintar sudah diterapkan dan yang paling ditekankan di Taman Pintar adalah aspek kognitif (pengetahuan) terutama pada bidang sains dan teknologi.


Kata kunci: aspek edukatif, taman pintar, media pendidikan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v5i2.5200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics