PENDIDIKAN KEDISIPLINAN DI TAMAN KANAK-KANAK DHARMA BAKTI I KABUPATEN SLEMAN

Ari Nopriyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikanpendidikan kedisiplinandi Tk Dharma Bakti Kabupaten Sleman. Deskripsi tersebut terkait dengan pengenalan dan pembiasaan yang dilakukan guru, kendala guru dalam melakukan pengenalan dan pembiasaan pendidikan kedisiplinan, dan cara guru mengatasi kendala pendidikan kedisiplinan di Tk Dharma Bakti.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan orangtua. Sedangkan objek penelitian adalah pendidikan kedisiplinan di Tk Dharma Bakti I. Pengumpulan data dilakukan melalui proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.Hasil penelitian menunjukkanpendidikan kedisiplinan di TK Dharma Bakti I meliputi:(1) pengenalan dan pembiasaan pendidikan kedisiplinan yang dilakukan guru melalui penerapanperaturan, hukuman, penghargaan, dan konsistens;(2) kendala didalam pengenalan dan pembiasaan pendidikan kedisiplinan kurangnya pemahaman gurutentang karakteristik anak usia dini, guru bukan berasal dari lulusan PAUD, dan kurangnya kesadaran orangtua terhadap pendidikan kedisiplinan menjadi kendala pada kedisiplinan siswa di Tk Dharma Bakti I; (3) dalam mengatasi kendala pengenalan dan pembiasaan pendidikan kedisiplinan guru mengikuti pelatihan-pelatihan yang dilakukan dinas pendidikan,  dan guru melakukan diskusi kepada orang tua ketika orangtua menjemput anak pulang sekolah tentang perkembangan kedisiplinan anak.

 

Kata kunci: pendidikan kedisiplinan dan taman kanak-kanak


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v5i2.5198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics