IMPLEMENTASI KEBIJAKAN LITERASI DIGITAL DALAM PENCEGAHAN TINDAK CYBER BULLYING DI SMAN 1 SRANDAKAN BANTUL

Safiannisa Rizqi Anggita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan literasi digital dalam pencegahan tindak cyber bullying, faktor pendukung implementasi kebijakan literasi digital dalam pencegahan tindak cyber bullying, dan faktor penghambat implementasi kebijakan literasi digital dalam pencegahan tindak cyber bullying di SMAN 1 Srandakan Bantul. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan literasi digital dalam pencegahan tindak cyber bullying di SMAN 1 Srandakan sudah berjalan dan terimplementasikan. Hal ini didukung dengan adanya koordinasi dan rapat serta konsistensi aktor pelaksana dalam mendukung berjalannya implemenasi kebijakan, faktor pendukung implementasi kebijakan berupa koordinasi antar aktor pelaksana implementasi kebijakan dan adanya dukungan dan motivasi dari elemen terkai. Namun ada juga faktor penghambat implementasi kebijakan berupa ada beberapa warga sekolah yang kurang mendengarkan arahan.  

 


Full Text:

PDF

References


Agustini, R., & Suci Hati, M. (2020, May). Penguatan pendidikan karakter melalui Literasi Digital Sebagai strategi Menuju Era Society 5.0. In Prosiding seminar nasional program pascasarjana universitas pgri palembang.

Arifai, M. K., Setiawan, D., Herdiana, D., Munawar Zaman, A., & Hadi, A. (t.t.). Sosialisasi Cyber Ethics dalam Membangun Budaya Literasi Digital Yang Aman Dan Sehat Dikalangan Remaja Pada Siswa/Siswi Smk Negeri 1 2 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 19.

Arrajiv, D. A., Wahyuningsih, T., Kartini, K., & Rahmawati, L. E. (2021). Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau Dari Implementasi Literasi Digital Siswa Sma Negeri 2 Sukoharjo. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 3(1), 55-64.

Arifin, S., Rizal, A., Anwar, A., Subakti, A. J., Huda, M. N., Aryanti, N., Siregar, S., Madani, R. S., & Rizki, Y. (2020). Cerdas dan Bijak Menggunakan Internet Di Era Literasi Digital Dan Informasi Di Sma Kusuma Bangsa. 1, 4.

Bastian, O. A., Rahmat, H. K., Basri, A. S. H., Rajab, D. A., & Nurjannah, N. (2021). Urgensi Literasi Digital dalam Menangkal Radikalisme pada Generasi Millennial di Era Revolusi Industri 4.0. 23, 8.

Candrasari, Y., & Claretta, D. (2020). Pengembangan Dan Pendampingan Literasi Digital Untuk Peningkatan Kualitas Remaja Dalam Menggunakan Internet. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 8.

Dewi, H. A., & Sriati, A. (2020). Faktor faktor yang mempengaruhi cyber bullying pada remaja: A Systematic review. 3(2), 14.

Dewi, N. K., & Afifah, D. R. (2019). Analisis perilaku cyber bullying ditinjau dari big five personality dan kemampuan literasi sosial media. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 79. https://doi.org/10.25273/counsellia.v9i1.4301.

Eleanora, F. N., & Adawiah, R. A. (2021). Sosialisasi Bahaya Dan Dampak Cyber bullying (Perundungan Dunia Maya) Bagi Pelajar Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 3 Bekasi. Jurnal Pengabdian Barelang, 3(01), 70–72. https://doi.org/10.33884/jpb.v3i01.2685.

Fairuza, N. & Amanta, F. (2021, 27 April). Memajukan Keterampilan Literasi

Digital Siswa melalui Pemutakhiran Kurikulum Sekolah. Diakses pada 19

Oktober 2021 dari https://id.cipsindonesia.org/post/memajukanketerampilan-literasi-digital-siswa-melalui-pemutakhiran-kurikulum-sekolah.

Ginanjar, A., Putri, N. A., Nisa, A. N. S., Hermanto, F., & Mewangi, A. B.

(2019). Implementasi Literasi Digital dalam Proses Pembelajaran IPS di SMP Al-Azhar 29 Semarang. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan

PKN, 4(2), 99-105.

Irkhamni, I., Khairunnisa, E., Nabila, I. S., & Septianisha, N. I. (2023, January). Kecakapan Literasi Digital Siswa dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Sma Negeri 1 Wiradesa. In Prosandika Unikal (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 3, No. 1, pp. 291-300).

Janner Simarmata, d. (2021). Literasi Digital. Yayasan Kita Menulis .

Kamayani, M. (2021). Peningkatan Literasi Digital di Kalangan Pendidik dengan Sosialisasi Digital Citizenship dan Pelatihan Family Link. 2(1), 12.

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Kementerian

Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian

Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbudristek. (2021). Modul Literasi Digital di Sekolah Dasar. Jakarta:

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kurnia, N., & Astuti, S. I. (2017). Peta gerakan literasi digital di Indonesia: studi tentang pelaku, ragam kegiatan, kelompok sasaran dan

mitra. Informasi, 47(2), 149-166.

Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya Peningkatan

Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000) cet. 18, h.5.

Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman, Analisis Data Kualitatif (terj. Tjetjep Rohendi Rohidi, (Jakarta: UI-Press, 1992) h.19-19.

Mutma, F. S. (2019). Deskripsi Pemahaman Cyber bullying Di Media Sosial Pada Mahasiswa. Jurnal Komunikasi.

Nugroho, C., & Nasionalita, K. (2020). Indeks Literasi Digital Remaja di Indonesia Digital Literacy Index of Teenagers in Indonesia. Jurnal Pekommas. 5(2), 215-223.

Palupi, M. T. (2020, Maret). Hoax : Pemanfaatanya Sebagai Bahan Edukasi di Era Literasi Digital dalam Pembentukan Karakter Generasi Muda. Jurnal Skripta, 6(1). Retrieved December 17, 2021

Palupi, M. F. T., & Norhabibah, F. (2021). Edukasi Literasi Digital pada Remaja dalam Menangkal Cyber bullying. Jurnal Adidas, 2(4), 1014–1020. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.408.

Rachmayanti, A., & Candrasari, Y. (2023). Perilaku Cyber Bullying Di Instagram. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 12.

Rianto, P. (2019). Literasi Digital dan Etika Media Sosial Di Era Post-Truth. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 24. https://doi.org/10.14710/interaksi.8.2.24-35.

Sabrina, A. R. (2019). Literasi Digital Sebagai Upaya Preventif Menanggulangi Hoax. Communicare : Journal of Communication Studies, 5(2), 31. https://doi.org/10.37535/101005220183.

Santoso, I. A. P., Anwar, S., & Waluyo, S. D. (t.t.). Peran Siberkreasi dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Untuk Mencegah Aksi Radikalisme. 22.

Silvana, H., & Darmawan, C. (2018). Pendidikan Literasi Digital di Kalangan Usia Muda di Kota Bandung. Pedagogia, 16(2), 146-156.

Setyaningrum, A. (2023). Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Digital di SMP Negeri 1 Mungkid Kabupaten Magelang. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 11(4), 1-13.

Zahro, N. H., & Febrianto, M. V. (2023). Literasi Pencegahan Cyber Bullying Di Kalangan Siswa Sd Integral Luqman Al-Hakim Situbondo. 1(1), 9.




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v12i2.19412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics