Implementasi Program Beasiswa Gunungkidul Cerdas Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Gunungkidul

Rian Mustaufa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi serta faktor pendukung dan penghambat implementasi program Beasiswa Gunungkidul Cerdas. Penelitian ini dilakukan berdasarkan teori implementasi kebijakan Edward III. Penelitian ini merupakan jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman. Uji keabsahan data penelitian dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi program Beasiswa Gunungkidul Cerdas tingkat SMP di Kabupaten Gunungkidul dinilai telah berjalan dengan efektif berdasarkan aspek-aspek berikut: (a) Komunikasi dilaksanakan dengan intens melalui rapat koordinasi serta grup WhatsApp. (b) Sumber daya manusia, sumber daya fasilitas, sumber daya informasi, dan finansial teleh mencukupi. (c) Pada aspek disposisi, pelaksana program menyambut baik dan melaksanakan program sesuai dengan kompetensi masing-masing. (d) Struktur birokrasi dalam pelaksanaan program ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul. Adapun faktor pendukung program beasiswa, yaitu koordinasi yang berjalan intens, sumber daya manusia, sarana prasarana, dan informasi yang mencukupi. Sedangkan faktor penghambatnya, yaitu kuota beasiswa yang sedikit, nominal beasiswa yang kurang mencukupi, tidak adanya kontrol terhadap penggunaan dana, dan proses pencairan beasiswa lama.

Full Text:

PDF

References


Ariyani, S. N. Q. (2018). Tren Angka Putus Sekolah Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan Vol. 7 No. 4 h. 440-451. Yogyakarta: UNY

Badan Pusat Statistik Kabupaten Gunungkidul. (2021). Data Rata-Rata Lama Sekolah. Dikutip Dari Https://Yogyakarta.Bps.Go.Id/Indicator/26/318/1/-Metode-Baru-Rata-Rata-Lama-Sekolah.Html Pada 26 Desember 2022

Bappeda DIY. (2021). Data Angka Putus Sekolah Diy. Dikutip Dari Http://Bappeda.Jogjaprov.Go.Id/Dataku/Data_Dasar/Index/481-Angka-Putus-Sekolah-Aps-Per-Jenjang-Pendidikan. Pada Tanggal 26 Desember 2022

Data.tempo.com. (2022). Jumlah Penduduk Miskin Dan Tingkat Kemiskinan Maret 2022 Menurun. Dikutip Dari Https://Data.Tempo.Co/Data/1493/Jumlah-Penduduk-Miskin-Dan-Tingkat-Kemiskinan-Maret-2022-Menurun Pada Tanggal 25 Desember 2022

Databoks Katadata. (2021). Terdapat 157 Ribu Siswa Putus Sekolah Pada Tahun Ajaran 2019/2020. Diakses Dari Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2021/01/11/Terdapat-157-Ribu-Siswa-Putus-Sekolah-Pada-Tahun-Ajaran-20192020 Pada Tanggal 7 Maret 2022

Kompas.Com. (2021). Putus Sekolah Bukan Sekadar Angka. Diakses Dari Https://Www.Kompas.Id/Baca/Opini-Publik/2022/03/02/Putus-Sekolah-Bukan-Sekadar-Angka Pada Tanggal 7 Maret 2022

Ningrum, J. W., Khairunnisa, A. H., & Huda, N. (2020). Pengaruh Kemiskinan, Tingkat Pengangguran, Pertumbuhan Ekonomi Dan Pengeluaran Pemerintah Terhadap Indeks Pembangunan Manusia (Ipm) Di Indonesia Tahun 2014-2018 Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. Https://Jurnal.Stie-Aas.Ac.Id/Index.Php/Jei/Article/View/1034

Nursita, L., & P, B. S. E. (2022). Pendidikan Pekerja Anak: Dampak Kemiskinan Pada Pendidikan. Jambura Economic Education Journal, 4(1), Art. 1. Https://Doi.Org/10.37479/Jeej.V4i1.11894

Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Gunungkidul No. 6 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan

Rachmawati, I. K. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi.

Suyanto, B. (2010). Masalah Sosial Siswa. Jakarta: Kencana

Tribun Jogja.com. (2022). Angka Putus Sekolah Di Gunungkidul Masih Tinggi. Dikutip Dari Https://Jogja.Tribunnews.Com/2018/03/02/Angka-Putus-Sekolah-Di-Gunungkidul-Masih-Tinggi. Pada Tanggal 26 Desember 2022

Unnes. (2017). Mengoptimalkan Keunggulan Pendidikan Di Indonesia. Retrieved From Mengoptimalkan Keunggulan Pendidikan Di Indonesia: Https://Unnes.Ac.Id/Gagasan/Mengoptimalkan-Keunggulan-Pendidikandi-Indonesia

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Yusup, W. B., Ismanto, B., & Wasitohadi, W. (2019). Evaluasi Program Indonesia Pintar Dalam Peningkatan Akses Pendidikan Di Sekolah Menengah Pertama. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 44–53. Https://Doi.Org/10.24246/J.Jk.2019.V6.I1.P44-53




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v12i2.19404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics