PENGARUH KEAKTIFAN MAHASISWA UKK PRAMUKA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK UIN KHAS JEMBER

Nur Halimah, Aderia Arum Sawitri, Halimatus Sa’diyah, Dina Ustufiyah, Ulfatun Naili Zakiya, Rofiq Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyusun rumus pengaruh keaktifan pada Unit Kegiatan Khusus (UKK) pramuka terhadap prestasi akademik mahasiswa UIN KHAS Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam kegiatan penelitian ini adalah seluruh anggota UKK Pramuka yang beranggotakan 148 mahasiswa. Sampel penelitian 25% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 37 orang. Data dikumpulkan melalui kuisioner yang dibagikan kepada sampel penelitian melalui google form. Peneliti merumuskan analisis regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh keaktifan mahasiswa pramuka terhadap prestasi akademik dengan persamaan regresi Y ˆ =2,898 + 0,015X. Artinya jika variabel X (Keaktifan Mahasiswa) naik satu tingkatan, maka variabel Y (Prestasi Akademik) akan meningkat sebanyak 0,018, begitu pula sebaliknya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan terhadap kegiatan pramuka tidak mengganggu prestasi akademik mahasiswa.

Kata Kunci : UKK Pramuka, Keaktifan, Prestasi Akademik


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Department Agama RI, Al-Qur‟an dan Terjemah. PT Insan Media Pustaka: Jakarta

Jayanti, (2016). Buku Lengap Pramuka. Media Ilmu Abadi.

Nasruddin. (2018). Buku Komplit Pramuka. Yogyakarta: CV. Briliant

Magfirah, I., & Prafitriyani, S. (2019). Pengaruh Organisasi terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Iqra Buru (Uniqbu). PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 3(2), 828–837.

Pradayu & Mahmudi (2017). pengaruh aktivitas organisasi terhadap prestasi belajar. (Studi kasus pengurus BEM Universitas Riau Kabinet Inspirasi Periode 2016-2017). JOM FISIP 2 (1)

Sayan Suryana, Peran Perguruan Tinggi dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Pendidikan Islam Rabbani, Vol. 2, No. 2, 2018

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Teguh Triwiyanto. (2014). Pengantar Pen-didikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab II pasal 3.




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v12i3.19323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics