PERAN ORANG TUA DALAM PRAKTIK PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI TK LAZUARDI AL-FALAH KLATEN

Hani Maria Fahma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam pembelajaran selama pandemi Covid-19 berlangsung di TK Lazuardi Al-Falah Klaten dengan menggunakan sudut pandang teori Tripusat pendidikan Ki Hajar Dewantara serta faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah sembilan orang dipilih berdasarkan purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan kemudian uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Pembelajaran di TK Lazuardi Al-Falah Klaten selama pandemi Covid-19 sedikit mengalami perubahan dalam pelaksanaannya (2) Peran orang tua dalam pendidikan dan pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 sudah sesuai yaitu berperan dalam mendampingi belajar, dalam menyediakan fasilitas, memberikan motivasi, menjaga kesehatan, dan mendampingi belajar di luar KBM. Hanya saja ada beberapa wali yang merasa kurang maksimal dalam melakukan pendampingan dikarenakan kesibukan orang tua dalam bekerja. (3) Faktor pendukung dari peran orang tua dalam pembelajaran selama masa pandemi dipengaruhi oleh kesibukan orang tua, jaringan internet yang memadai dan adanya pelatihan pengoperasian aplikasi dari pihak sekolah.


Full Text:

PDF

References


Agustini, N. M. S. (2018). Tripusat Pendidikan Sebagai Lembaga Pengembangan Teori Pembelajaran Bagi Anak. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 9(2), 25–46.

Amaliyah, S. (2021). Konsep pendidikan keluarga menurut Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1766–1770.

Basir. (2021). Peran Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak Di Rumah Pada Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Desa Panciro Kabupaten Gowa). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Dwi Astuti, K., & Arif, M. (2021). Kontekstualisasi Nilai-Nilai Pendidikan Ki Hajar Dewantara Di Era Covid 19. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(2), 202–207.

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo.

Irwana, H. M. (2011). (Studi Kasus Masyarakat Nelayan Di Desa Tasikagung Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang ). Studi Kasus Masyarakat Nelayan Di Desa Tasikagung Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang.

Khasanah, M. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Kelompok B Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) Purwokerto. Skripsi.

Milles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis a Methods Sourcebook (3rd ed.). Arizona: United States of America.

Rahardjo, S. (2010). KI HAJAR DEWANTARA (Aziz Safa (ed.); 3rd ed.). garasi.

Rahmayanti. (2015). Penggunaan Media It Dalam Pembelajaran. Dalam Jurnal Ilmiah CIRCUIT Vol. 1 No. 1 Juli: 92

Suparlan, H. (2016). Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dan Sumbangannya Bagi Pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat, 25(1), 56.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan the Role of Instructional Media To Improving. Komunikasi Pendidikan, 2(2), 105.

Ulfasari, N., & Fauziah, P. Y. (2021). Pendampingan Orang Tua pada Pendidikan Anak di Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Profesi Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 935–944.

Ulya, T., Qori’ah, W., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2019). Model Pembelajaran Sentra Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 7(1), 89–103.

Wangid, M. (2009). Sistem Among Pada Masa Kini: Kajian Konsep Dan Praktik Pendidikan. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 39(2), 125928.

Wiryopranoto, S., Herlina, N., Marhandono, D., & Tangkilisan, Y. B. (2017). Ki Hajar Dewantara Pemikiran dan Perjuangannya.

Zulfitria. (2020). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pendampingan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 2–6.




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v12i1.18474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics