IMPLEMENTASI PROGRAM SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI) DI SMK NEGERI 1 PANDAK

Ginanjar Aji Atmaja

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : tentang implementasi program Sistem Penjaminan Mutu Intenal (SPMI) di SMK Negeri 1 Pandak.

            Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan setting penelitian di SMK N 1 Pandak. Teknik pengambilan  purposive sampling. Subjek penelitian yaitu  kepala sekolah, ketua tim penjaminan mutu sekolah,  ketua Tim Pengembang dan Penjamin Mutu (TPPM), humas dan anggota tim penjaminan mutu sekolah. Teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Teknik analisis menggunakan model interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari pengumpulan data, penyajian data, kondensasi dan penarikan kesimpulan.

            Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) implementasi program Sistem Penjaminan Mutu Intenal (SPMI) di SMK Negeri 1 Pandak dengan menggunakan teori dari tokoh Charles O. Jones yang mengkaji implementasi program dangan menggunakan empat variabel yaitu komunikasi, Sumber Daya Manusia, Disposisi dan Struktur Birokrasi Komunikasi, dalam penyampaian informasi transmisi, kejelasan dan konsistensi dilakukan dengan baik selama pelaksanaan kebijakan, dilakukan stressing setiap tahunnya sesuai kebutuhan. Sumber Daya Manusia, tim SPMI yang sudah dibentuk berdasarkan kesanggupan dan keahliannya dalam bidang tersebut selanjutnya diuji sebelum masuk dalam pelaksanaan program SPMI. Disposisi, dukungan Kepala Sekolah, tim SPMI, komite sekolah dan orang tua sangat baik dan diikutsertakab dalam bagian pelaksanaan program SPMI. Struktur Birokrasi yang fleksibel dan tidak terlalu kompleks, standar operasional yang sudah ditetapkan melalui SK Kepala Sekolah.

Kata Kunci : implementasi program, Sistem Penjamianan Mutu Internal (SPMI), SMK N 1 Pandak


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v11i2.17982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics