PEMETAAN ANAK PUTUS SEKOLAH DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2016-2020

Herlian Septianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrpisikan: 1) persebaran anak putus sekolah di kota Yogyakarta tahun 2016-2020; 2) peran pemerintah kota Yogyakarta mengatasi anak putus sekolah di Kota Yogyakarta; 3) faktor penyebab anak putus sekolah di kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan studi dokumen dan wawancara. Metode analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: 1. Selama tahun 2016-2020 masih terdapat anak yang mengalami putus sekolah yang berasal dari jenjang SD-SMA/SMK, anak yang mengalami putus sekolah tersebar di 13 kecamatan dari total 14 kecamatan yang ada di Kota Yogyakarta; 2. Peran pemerintah kota Yogyakarta sudah ada, dari pencegahan maupun setelah anak mengalami putus sekolah; 3. Faktor penyebab anak putus sekolah di kota Yogyakarta berasal dari 2 faktor yakni faktor internal maupun eksternal, faktor internal anak mengalami putus sekolah yaitu kurangnya motivasi untuk bersekolah dan faktor eksternal anak mengalami putus sekolah karena masalah ekonomi.

Kata Kunci: Pemetaan, anak putus sekolah, Kota Yogyakarta


Full Text:

PDF

References


Aji Nugroho, Rustiyarso, Salim izhar. (2021). Analisis Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Dalam Program Pendidikan Gratis Kabupaten Kayong Utara. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol 10, No 1

Idi, Abdullah. (2011). Sosiologi Pendidikan: Individu, Masyarakat, dan Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. Neraca Pendidikan Daerah Kota Yogyakarta. Diakses juni 09, 2021, dari https://npd.kemdikbud.go.id/?appid=apk

Kemendikbud. (2017). Peraturan Bersama Antara Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Nomor: 07/D/BP/2017 Nomor: 02/MPK.C/PM/2017 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Program Indonesia Pintar Tahun 2017

Mbae, A. & Ogotan, M. (2018). Implementasi kebijakan pemerataan mutu pendidikan di kecamatan pamona barat kabupaten Poso. Jurnal administrasi, 43-48.

Prasojo, Lantip D. (2010). Financial resources sebagai faktor penentu dalam implementasi kebijakan pendidikan. Journal Internasional manajemen pendidikan, Vol 4, 19-27.

Rahmad. M. 2017. Perilaku Sosial Anak Putus Sekolah. Jurnal Equilibrium Pendidikan Sosiologi, Vol. 4 No 2

Riyadi, Supriyadi B. Deddy. (2004). Perencanaan Pembangunan Daerah: Strategi Menggali Potensi Dalam Mewujudkan Otonomi Daerah. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rohman, A. (2012). Kebijakan Pendidikan: Analisis Dinamika Formulasi dan Implementasi. Yogyakarta Aswaja Pressindo.

Soekanto.2002. Teori Peranan. Jakarta. Bumi Aksara

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945. Batang Tubuh

Undang-undang. (2003). Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v10i4.17478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics