IMPLEMENTASI NILAI KEDISIPLINAN SISWA SD MUHAMMADIYAH WONOKROMO II PADA MASA PANDEMI COVID-19

fanny berliana prabowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi serta faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan nilai kedisiplinan siswa SD Muhammadiyah Wonokromo II pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini didasarkan pada teori implementasi kebijakan menurut Van Metter dan Van Horn. Penelitian ini menggunakan metode kualiatif dengan jenis penelitian studi kasus yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Implementasi nilai kedisiplinan siswa SD Muhammadiyah Wonokromo II: a) Standar pelaksanaan nilai kedisiplinan di masa pandemi adalah adanya Peraturan dan Kebijakan dari Kepala Sekolah dalam mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh. Tujuan dari kebijakan ini untuk menanamkan nilai kedisiplinan pada diri anak, agar sifat disiplin melekat pada diri anak, khususnya di masa pandemi Covid-19 ini kedisiplinan terhadap protokol kesehatan sangat perlu diterapkan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya penularan virus corona. b) Sumber daya yang dimiliki yaitu Kepala Sekolah, Guru, Siswa, Orangtua, dan Masyarakat, serta fasilitas yang memadai. c) Karakteristik organisasinya selalu berkomitmen untuk disiplin, khususnya pada masa pandemi seperti ini. d) Disposisi tercermin dari karakteristik agen pelaksana. e) Hubungan antar organisasi berjalan dengan adanya komunikasi dan koordinasi. f) Kondisi lingkungan baik dan selalu mendukung. (2) Faktor pendukungnya adalah adanya komunikasi dan kerjasama yang baik antar keluarga, sekolah, dan masyarakat serta adanya reward untuk selalu memotivasi. Sementara itu, faktor penghambatnya a) adanya siswa yang pasif dan kurang disiplin dalam mengikuti pembelajaran daring. b) kendala sinyal kurang bagus dan tidak adanya handphone.

 

Kata kunci: Implementasi, Nilai Kedisilinan Siswa, Pandemi Covid-19,

SD Muhammadiyah Wonokromo II.


Full Text:

PDF

References


Aini, N. (2019). Implementasi Nilai Religius Dan Kedisiplinan Pada Siswa Kelas Viii Smp N 3 Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Akib, H. (2010). Implementasi Kebijakan Apa, Mengapa dan Bagaimana. Jurnal Administrasi Publik, Vol. 1 No. 1 Tahun 2010. 4-5.

Akmaludin & Haqqi, B. (2019). Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar. Journal of Education Science, Vol. 5 No. 2 Oktober 2019. 2.

Alodokter. (2020). Virus Corona. https://www.alodokter.com/virus-corona , diakses pada tanggal 05 Januari 2021.

Anjarani, P.T. (2016). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sdn Gugus Dr. Cipto Mangunkusumo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. PGSD. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. 13-14.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Durkheim, E. (1990). Pendidikan Moral Suatu Studi Teori dan Aplikasi Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Faizah, N. (2019). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Disiplin Tata Tertib Sekolah Di Sma Negeri 2 Klaten. PROSIDING SEMINAR NASIONAL : Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Shapir Hotel, 21 September 2019 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 109. Diakses 11 Februari 2021, dari SMA Negeri 2 Klaten.

H.A.R Tilaar. (2008). Kebijakan Pendidikan Pengantar untuk Memahami Kebijakan Pendidikan dan Kebijakan Pendidikan sebagai Kebijakan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasbullah, M H. (2015). Kebijakan Pendidikan Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.

Hasbullah. (2016). Kebijakan Pendidikan: Dalam Perspektif Teori, Aplikasi dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Hurlock Elizabeth B. (1988). Perkembangan Anak Jilid 2. (Alih Bahasa: Med, Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Erlangga.

Johan, S.R. (2014). Peran Motivasi Dan Disiplin Dalam Menunjang Prestasi Belajar Peserta Didikpada Bidang Studi Ips. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 1 No. 3 November 2014. 277.

Kemdikbud. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). https://covid19.hukumonline.com/wp-content/uploads/2020/04/surat_edaran_menteri_pendidikan_dan_kebudayaan_nomor_4_tahun_2020-2.pdf . Diakses pada tanggal 05 Januari 2021.

Lusina., Ali, M., & Miranda, D. Penerapan Perilaku Disiplin Pada Anak Kelompok Adi Tk Kristen Immanuel Pontianak. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. FKIP Untan Pontianak. 3.

Miles dan Huberman. (2014). Qualitative Data Analyzis. California: Sage Publication.

Munjiatun. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan, Vol. 6 No. 2 November 2018. 339.

Nurmalasari., & Jayanti, E. W. 2020. Character Building. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Permendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20, Tahun 2018, tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal.

Ponto, M. Auldrin., Pioh, R. Novie., & Tasik, F. (2016). Implementasi Kebijakan Program Pembangunan Berbasis Lingkungan-Membangun Prasarana Fisik, Sosial dan Ekonomi Di Kelurahan Karombasan Selatan Kecamatan Wanea Kota Manado. Jurnal Ilmu Sosial dan Pengelolaan Sumberdaya Pembangunan Edisi XX, Volume 3. 40.

Rohman A. (2009). Kebijakan Pendidikan: Buku Ajar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rohman, A. (2012). Kebijakan Pendidikan Analisis Dinamika Formulasi dan Implementasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Untuk peelitian yang bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tu’u, Tulus. (2008). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Grasindo.

Zainuri. (2020). Pembentukan karakter Disiplin Ramah Anak (Studi Kasus Di Sd Muhammadiyah Sagan Yogyakarta). Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Program Pascasarjana. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v10i3.17466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics