HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020

Muhammad Zakky Nurrachman

Abstract


Tingkat kinerja guru dapat terlihat dari prestasi belajar siswa. Tuntutan kinerja guru tersebut memiliki tingkat kesulitan masing-masing pada setiap mata pelajaran yang mereka ampu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang kinerja dengan prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 10 Yogyakarta pada tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan jenis korelasional. Populasi pada penelitian ini berjumlah 176 siswa kelas XI SMA Negeri 10 Yogyakarta. Pengambilan data dilakukan pada 11-17 Februari 2020 menggunakan metode Proportionate Stratified Random Sampling yang berjumlah 122 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket berisi 31 pertanyaan yang diberikan kepada siswa, kemudian didokumentasikan. Teknik analisa data menggunakan analisa data rumus persentase, uji validitas, uji reliabilitas, dan uji normalitas, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji Pearson dengan bantuan IBM SPSS 24 dan Koefisien Determinasi. Dari hasil uji korelasi pearson menunjukkan bahwa ada hubungan signifikan dan berlawanan arah antara kinerja guru dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 10 Yogyakarta dengan nilai signifikansi -0,026 yang mana kurang dari 0,05 dan rhitung lebih besar dari rtabel (0,773 lebih dari 0,176). Karena nilai signifikansi kurang dari 0.05 maka H0 di tolak dan H1 diterima. Terdapat hubungan yang signifikan dan berlawan arah antara kinerja guru dengan prestasi belajar siswa berbanding terbalik. Kesimpulan yang dapat diambil adalah ketika kinerja guru semakin tinggi karena prestasi belajar siswa rendah, sedangkan ketika prestasi belajar siswa tinggi, maka kinerja guru menurun. Hasil ini ditentukan perhitungan R2, keberhasilan guru mengajar hanya mampu dijelaskan oleh variabel persepsi siswa mengenai kinerja guru sebesar 0.0676%, sedangkan 99.93% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.


References


Ari, S. joni. (2016). Pengaruh Kinerja Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Statistika Siswa Kelas X Paket Keahlian Teknik Gambar Bangun SMKN 1 PAJANGAN Tahun Ajaran 2015/2016 [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/33285/1/joni%20ari%20s.pdf

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Asmaul, K. (2016). Pengaruh Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Al-Islam (studi kasus guru dan siswa kelas VIII ) Di Smp Muhammdiyah 4 Surabaya Asmaul. 16. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Tamadun/article/viewFile/808/609

Bata, A. (2018). Ini 3 Ciri Guru Profesional Versi Mendikbud. Diakses pada tanggal 25 November 2019. https://www.beritasatu.com/nasional/524286/ini-3-ciri-guru-profesional-versi-mendikbud

Biya, N. (2013). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Di SMA Muhammadiyah Batudaa Kabupaten Gorontalo.Universitas Negeri Gorontalo : Fakultas Ekonomi. 6–7

Choirotunisak, Umi. (2014). Hubungan Persepsi Siswa Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas IX di MTs Ma’arif Arrosyidin Magelang Tahun Ajaran 2014/2015. STAIN Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam. 8.

Dewi, F. (2019). Peran Kinerja Guru Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. 290.

Diyanto, E. W. (2016). Pengaruh Manajemen Kurikulum dan Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Palapa Semarang. UNNES.

Forum, indonesia development. (2019). Bappenas: Peningkatan Kualitas SDM Hadapi 3 Kendala. 02 Agustus 2019. https://indonesiadevelopmentforum. com/201 9/article/15094-bappenas- peningkatan- kualitas-sdm-hadapi- 3-kendala

Harlufi, M. (2016). Implementasi Penilaian Kinerja Guru Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru. UIN Walisongo: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Helmi, A. (2015). Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Pada SMP Negeri 2 Babahrot Aceh Barat Daya. Universitas Syah Kuala : Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana. 3, 3.

Idzhar, A. (2016). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Universitas Negeri Malang. 2, 222.

Jasfar Jas (2012). Kinerja Guru Dalam Pembelajaran. 48.

Jogiyanto. (2016). Pedoman Survei Kuesioner. Fakultas Ekonomi Bisnis : UGM.

Karomi, D. K. (2017). Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru PAI Di SMP N 5 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017. IAIN SURAKARTA.

Manullang, N. T. (2016). Pengaruh Kinerja Guru Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDK Penabur Bandar Lampung. 02, 163.

Moleong. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif (26th ed.). Bandung : ROSDA.

Rahmatullah, M. (2016). Kemampuan Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Hasil Belajar Siswa. UIN Banten : Program Studi Manajemen Pendidikan. 10, 119.

Riwu, B. (2017). Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Universitas Negeri Malang : Pascasarjana. 202.

Rohman, A. (2018a). Pengaruh Kinerja dan Profesionalisme Guru PAI Terhadap Prestasi Belajar Siswa. UIN SYARIF HIDAYATULLAH.

Rohman, A. (2018b). Pengaruh KInerja dan Profesionalisme Guru PAI Terhadap Prestasi Belajar Siswa. UIN SYARIF HIDAYATULLAH.

Safitri, WR. (2016). Pearson Correlation Analysis to Determine The Relationship Between City Population Density with Incident Dengue Fever of Surabaya in The Year 2012-2014. Universitas Airlangga Surabaya.

Salamah, ZN. (2016). Studi Korelasi antara Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Mata Pelajaran Matematika Di MI Ianatusshibyan Mangkangkulon Tugu Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. UIN Walisongo Semarang. 12

Setyabudi, C. (2015b). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Klaten Tahun Pelajaram 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta.

Siswoyo, D. (2013). Ilmu Pendidikan (U. Press (ed.); 1st ed., pp. 118–119). UNY Press.

Subranur, T. T. (2014). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA [Universitas Tanjungpura Pontianak]. repository.uin-suska.ac.id/8243/1/2012_2012871.pdf

Sudjana, N. (2001). Pengantar Statistik (X). Jakarta : Grafindo Persada.

Sugiyono. (2003a). Metode PenelitianAdministrasi (18th ed.). Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2003b). Metode Penelitian Administrasi (10th ed.). Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016a). Metode Penelitian Pendidikan (23rd ed.). Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2016b). Metode Penelitian Pendidikan (3rd ed.). Bandung : Alfabeta.

Sukmadinata, P. D. N. S. (2006a). Metode Penelitian Pendidikan (2nd ed.). Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, P. D. N. S. (2006b). Metode Penelitian Pendidikan (2nd ed.). Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Tahir, T. A. (2014). Peranan Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Di MI Yaspi Sambung Jawa Makasar. Skripsi [UIN Alauddin Makasar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6611/1/TUTI%20AULIYAH%20TAHIR.pdf

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Undang-Undang RI No 14 Tahun 2005 tentang Undang-Undang Guru dan Dosen

Yulianingsih, L. T., & Sobandi, A. (2017). Kinerja mengajar guru sebagai faktor determinan prestasi belajar siswa. Universitas Pendidikan Indonesia : Pendidikan Manajemen Perkantoran. 2, 50– 51.

Yunita, Ria (2014). Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Profesional Guru Akuntansi dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Bergas tahun ajaran 2012/2013. UNNES : Fakultas Ekonomi. Hal 33-36.

Yusuf, A. (2010). Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kinerja Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa. UIN Syarif Hidayatullah.

Zulkaida. (2014). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 7 Kendari [IAIN Kendari]. http://digilib.iainkendari.ac.id/527/




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v10i1.17346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics