MPLEMENTASI KEBIJAKAN ADIWIYATA SEBAGAI UPAYA PENANAMAN NILAI PEDULI LINGKUNGAN DI MAN 2 KULON PROGO

Ami Fatikha Almas

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Kebijakan Adiwiyata Sebagai Upaya Penanaman Nilai Peduli Lingkungan di Madrasah Aliyah negeri 2 Kulon Progo. Penelitian Implementasi Kebijakan ini mengacu pada teori Implementasi dari Edward III yang menekankan pada empat aspek pokok Implementasi yakni, Komunikasi, Sumberdaya, Disposisi, dan Struktur birokrasi serta program-program adiwiyata yang dilaksanakan dalam upaya penanaman nilai peduli lingkungan dan kendala yang dihadapi sekolah dalam pelaksanaan kebijakan adiwiyata.

 

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kulon. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, ketua tim adiwiyata sekolah, anggota tim adiwiyata sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman Terkait keabsahan data peneliti menggunakan metode triangulasi sumber dan teknik.

 

Hasil penelitian adalah sebagai berikut : (1) (2) Implementasi kebijakan di MAN 2 Kulon Progo didukung oleh: a) Komunikasi dilakukan dengan mengadakan sosialisasi dari puskesmas daerah, dinas lingkungan hidup, dan sosialisasi kepada wali murid melalui raoat komite b) Sumber daya didukung ketersediaan SDM dan anggaran nasional dan orang tua siswa, c) Pelaksana kebijakan memiliki komitmen yang memadai, d) Struktur birokrasi termuat dalam SK Tim Adiwiyata Sekolah yang diterbitkan oleh kepala sekolah. (2) Pelaksanaan program-program adiwiyata dalam upaya menanamkan nilai peduli lingkungan meliputi program gereen hous, komposter, bank sampah, keindahan dan kebersihan lingan serta kreasi sampah. (3) Kendala yang dihadapi sekolah yaitu sulitnya membiasakan siswa untuk peka dan tertib dalam membuang sampah pada tempatnya.

Kata Kunci: Implementasi Kebijakan Adiwiyata, Nilai Peduli Lingkungan, Madrasah Aliyah Negeri 2 Kulon Progo

 

Abstract

This study aims to describe the implementation of the Adiwiyata Policy as an Effort to Cultivate the Value of Environmental Care in the Madrasah Aliyah Negeri 2 Kulon Progo. This Policy Implementation Research refers to the Implementation Theory of Edward III which emphasizes on four main aspects of Implementation namely, Communication, Resources, Disposition, and Bureaucratic Structure as well as superficial programs implemented in an effort to instill values of environmental awareness and obstacles faced by schools in implementing policies adiwiyata.

 

This type of research is descriptive qualitative. The study was conducted at Madrasah Aliyah Negeri 2 Kulon. The subjects of this study were the principal, head of the school's adiwiyata team, school adiwiyata team members, teachers and students. Data collection techniques used by researchers are observation, interviews, and documentation studies. Data analysis techniques using the theory of Miles and Huberman namely, data collection, data condensation, data presentation, drawing conclusions. Related to the validity of the data the researchers used source triangulation methods and techniques.

 

The results of the study are as follows: (1) (2) Implementation of policies in MAN 2 Kulon Progo is supported by: a) Communication is carried out by conducting socialization from local health centers, environmental services, and socialization to student guardians through committee meetings b) Resources supported the availability of human resources and the national budget and parents of students, c) The policy implementers have adequate commitment, d) The bureaucratic structure contained in the School Team Adiwiyata Decree issued by the school principal. (2) Implementation of adiwiyata programs in an effort to instill the value of caring for the environment includes a program of housings, composters, waste banks, beauty and cleanliness of lingan and garbage creation. (3) The obstacle faced by schools is the difficulty in getting students to be sensitive and orderly in disposing garbage in their place.

Keywords: Implementation of Adiwiyata Policy, Environmental Care Values, Madrasa Aliyah Negeri 2 Kulon Progo


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v9i2.17049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics