IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR JUARA KOTA YOGYAKARTA

Dani Utari

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan program yang mendukung kebijakan pendidikan inklusif, implementasi kebijakan pendidikan inklusif, serta faktor pendukung dan penghambat implementasi kebijakan pendidikan inklusif yang dilaksanakan di Sekolah Dasar (SD) Juara Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yakni, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu 1) program pendukung kebijakan inklusif SD Juara: program penerimaan siswa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), program assesmen peserta didik, program pendampingan khusus ABK, program parenting class, program parenting school, program homevisit, dan program penerapan kurikulum inklusif. (2) Implementasi kebijakan pendidikan inklusif di SD Juara: a) komunikasi dengan koordinasi dan program parenting bagi pelaksana dan orangtua siswa, b) ketersediaan sumber daya manusia (SDM), sumber dana belum dialokasikan, adanya alokasi waktu kebijakan, serta sarpras yang dioptimalkan, c) Disposisi, komitmen dan kecakapan pelaksana yang cukup memadai, d) Strukur birokrasi, sudah diterapkannya pembagian kerja dan pola kepemimpinan (3) Faktor pendukung kebijakan adalah dukungan dari pelaksana kebijakan dan beberapa dukungan dari pihak luar sekolah. Faktor penghambatnya adalah kurangnya dukungan dari beberapa pihak dan terbatasnya fasilitas sekolah.

ABSTRACK

The purpose of this study is to describe programs that support inclusive education policies, the implementation of inclusive education policies, and the supporting and inhibiting factors for the implementation of inclusive education policies implemented in basic school (SD) Juara, Yogyakarta. This research is a qualitative descriptive study. Data analysis techniques using the theory of Miles and Huberman namely, data collection, data condensation, data presentation, drawing conclusions. The results of the study are 1) SD Juara inclusive elementary support policy: Children with special needs (ABK) student admission program, student assessment program, special ABK mentoring program, parenting class program, parenting school program, homevisit program, and inclusive curriculum implementation program. (2) Implementation of inclusive education policies in SD Champion: a) communication with coordination and parenting programs for implementers and parents of students,

b) availability of human resources, sources of funds not yet allocated, time allocation of policies, as well as optimized the facilities, c) Disposition, commitment and adequate implementation skills, d) Bureaucratic structure, work division and leadership pattern have been implemented The limiting factors are the lack of support from some parties and the limited school facilities.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v9i2.17047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics