PARTISIPASI SISWA DALAM IMPLEMENTASI MITIGASI BENCANA DI SMA NEGERI 2 KLATEN

Khairul Auni Ramadhan

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan partisipasi siswa dalam implementasi mitigasi bencana serta faktor pendukung dan penghambat implementasi mitigasi bencana di SMA N 2 Klaten. Penelitian ini mengacu konsep implementasi kebijakan Van Meter dan Van Horn.

Hasil dari penelitian ini: Partisipasi siswa dalam implementasi mitigasi bencana di SMA N 2 Klaten berada pada tangga tokeinisme; pada hierarki engagement. Pada 6 aspek menunjukkan bahwa yang sudah berjalan; : 1) tujuan, menciptakan sekolah yang memiliki wawasan tentang lingkungan hidup dan mitigasi bencana, 2) badan pelaksana, tim yang berasal dari siswa tidak dapat menentukan kebijakan maupun langkah-langkah yang tidak disetujui oleh pihak sekolah, 3) dampak, kesiapan siswa dan warga sekolah lainnya ketika suatu saat bencana terjadi, 4) sikap, siswa antusias dalam melaksanakan kegiatan, 5) sumber daya, sumber daya manusia dan hal-hal yang menunjang seperti kurikulum yang terintegrasi dengan mitigasi bencana dan fasilitas sudah cukup baik dan lengkap, 6) komunikasi, sudah berjalan dengan baik meskipun baru satu arah melalui instruksi yang ada kepada siswa. Faktor pendukung partisipasi siswa dalam implementasi mititgasi bencana di SMA N 2 klaten antara lain: 1) terintegrasinya wawasan mitigasi bencana dengan ekstrakurikuler yang ada, 2) komunikasi yang baik antara siswa, organisasi dan pihak sekolah maupun badan terkait, 3) kemudian sarana dan prasarana yang lengkap. Faktor penghambat antara lain: 1) waktu pelaksanaan kegiatan yang kurang rutin, 2) siswa kurang sungguh-sungguh dalam pelaksanaan sehingga hasilnya tidak sesuai yang diinginkan.

 

Kata Kunci: Partisipasi siswa, implementasi kebijakan, mitigasi bencana, SMA N 2 Klaten

 

Abstract

The research is made to describe the participation of students to implement disaster mitigation also support factor and the inflows factor of disaster mitigation in SMA N 2 Klaten. This research is refer to implementation policy concept Van Meter and Van Horn.

The result of this research: the student participation to implement the disaster mitigation in SMA N 2 Klate on the stairs of tokenism, on hierarchy engagement. On the 6 aspects show that already going on: 1) the purpose, to create the school that have insight about life environment and disaster mitigation, 2) the executor, team are from students that can’t decide the policy and every steps that school are disagree, 3) impact, awareness of students and school residents when the disaster’s happen, 4) affection, enthusiasm students in implementing the programs  5) resources, human resources and things that can support the curriculum that integrated with disaster mitigation and the facilities are good enough, 6) communication, is doing well even though only one way to instruct to the students. Support factor for the students to participate in implementing disaster mitigation in SMA N 2 Klaten are: 1) integration of insight in disaster mitigation with the exist extracurricular. 2) communication are doing well between students, organization and also with the school even tough with related parties. 3) and also facilities and infrastructures that complete. Inflows factor are about: 1) The implementation time is not routine. 2) Not every students serious to take a part and made the result not maximal.

 

Keyword: students participation, policy implement, disaster mitigation SMA N 2 Klaten.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v9i1.17038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics