IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBINAAN OLAHRAGA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KOTA YOGYAKARTA

Kunto Yoga Pratama

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang kebijakan pembinaan olahraga anak berkebutuhan khusus yang merupakan amanat dari Peraturan Daerah No. 4 Tahun 2012 Tentang Pemenuhan Hak-hak Disabilitas Pasal 70 Ayat 1 dan 2. Pemenuhan hak-hak disabilitas tidak hanya mengenai pendidikan dan pelayanan publik, namun juga pembinaan olahraga bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Rumusan permasalahan penelitian ini di antaranya mengenai implementasi kebijakan, program pembinaan olahraga anak berkebutuhan khusus dan faktor pendukung dan penghambat kebijakan tersebut. Tujuan dari penelitian ini diantaranya untuk mengetahui bagaimana proses implementasi kebijakan, program dan faktor penghambat dan faktor pendukung kebijakan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa implementasi kebijakan ini telah berjalan sejak tahun 2003 dan kebijakan in telah mencetak atlet-atlet berkebutuhan khusus yang berprestasi dari tingkat daerah hingga nasional. Badan Pemuda dan Olahraga DIY memberikan wadah dan memfasilitasi kegiatan pembinaan tersebut. Terdapat 6 program dalam pembinaan olahraga ini, beberapa diantaranya adalah PEPAPERDA dan PEPAPERNAS. Faktor-faktor penghambat dalam implementasi kebijakan ini mencakup tentang kesulitan untuk mecari atlet-atlet dan faktor pendukungnya adalah adanya penghargaan dan wadah bagi anak berkebutuhan khusus yang berprestasi dalam bidang olahraga.
Kata kunci: Anak berkebutuhan khusus; Atlet berkebutuhan Khusus; Badan Olahraga dan Pemuda DIY; Disabilitas; Pembinaan olahraga; PEPAPERDA DIY.
ABSTRACT
This study reviews the policy of fostering sports for children with special needs which is a mandate from the Regional Regulation No. 4 of 2012 concerning the Fulfillment of Disability Rights Article 70 Paragraphs 1 and 2. The fulfillment of disability rights is not only about education and public services, but also sports training for children with special needs. The formulation of the problem of this research includes the process of implementing the policy, the training program for children with special needs and the supporting and inhibiting factors of the policy. The purpose of this problem is to find out how the process of implementing policies, programs and inhibiting factors and policy supporting factors. The methodology used in this study is a qualitative study with a case study approach. The results obtained from this study are that the implementation of this policy has been running since 2003 and this policy has created special needs athletes who have achievements from the regional to national levels. The DIY Youth and Sports Agency provides a forum and facilitates these coaching activities. There are 6 programs in training this sport, some of which are PEPAPERDA and PEPAPERNAS. The inhibiting factors in the implementation of this policy include the difficulty of finding athletes and their supporting factors is the existence of awards and a place for children with special needs who excel in the field of sports. Keywords: Athletes with Special Needs; Children with special needs; Disability; DIY Sports and Youth Agency; Fostering Sports Policy; PEPAPERDA DIY

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v8i3.15866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics