IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP MUHAMMADIYAH SALAM MAGELANG

Fahma Sufia Abidah

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan pendidikan karakter, faktor penghambat pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah Salam dan upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi hambatan. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Subyek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua siswa. Data Penelitian dianalisis dengan menggunakan metode Miles dan Huberman, uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) SMP Muhammadiyah Salam menerapkan nilai religius dan disiplin. Metode pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah Salam yaitu inkulkasi nilai, keteladanan, dan fasilitasi. Program yang mendukung implementasi kebijakan pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah Salam yaitu: kegiatan belajar mengajar, apel pagi, tahfidzul Quran, qiroatul Quran, shalat dhuha, shalat dzuhur berjamaah, MABIT, esktrakurikuler HW dan tapak suci, upacara bendera, serta literasi. Implementasi kebijakan pendidikan karakter memanfaatkan sarana komunikasi, dukungan sumber daya (sumber daya manusia berkualitas, sumber daya anggaran yang cukup, dan sumber daya fasilitas yang memadai), disposisi berupa sikap yang mendukung kebijakan, dan struktur organisasi yang jelas. (2) Faktor penghambat implementasi kebijakan pendidikan karakter yaitu: latar belakang siswa yang bervariasi, siswa yang sulit diarahkan, guru kurang memberi teladan untuk siswa, dan sikap orang tua siswa yang acuh terhadap perilaku anak. (3) Upaya untuk mengatasinya yaitu memberikan punishment kepada siswa, melakukan pembinaan untuk guru, melakukan Pertemuan Orang tua Murid dan Guru.
Kata Kunci : implementasi, karakter, SMP Muhammadiyah Salam
Abtract
This research aims to describe the implementation of a policy of character education as well as the inhibiting factors of character education in SMP Muhammadiyah Salam and the efforts made by school to address obstacles that. The qualitative descriptive study using the method of interview, observation, and document review. The subject on this research consists 12 people. Data analysis use Miles and Huberman is model meanwhile, validity test of the data is done by resources and technique triangulation. Research result as follows: (1) SMP Muhammadiyah Salam implements religius and discipline value. Applying character education with inculcation value, example, dan facilitation method. Programs that support the implementation of character education policy at SMP Muhamamdiyah Salam: teaching and learning activities, tahfidzul Quran, qiroatul Quran, dhuha prayer, dzuhur prayer, MABIT, extracurricular Hizbul Wathon (HW) and tapak suci, flag ceremony, and literacy. SMP Muhammadiyah Salam implementation of character education policy utilizing the means of communication, support resources (human resources, budget resources, and adequate facilities resources), disposition be attitude that support the existence of a policy, and a clear organization structure. (2) Factors inhibiting the implementation of character education policies among them: background of the students varied, difficult to directed students, less teacher give examples, the attitude of parents indifferent. (3) Efforts to overcome the obstacles is provides punishment for student, doing coaching for teachers, and parenting.
Keywords: implementation, character, SMP Muhamamdiyah Salam

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v8i1.15840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics