KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP AL-HIKMAH KARANGMOJO GUNUNGKIDUL

Desy Dwi Wulandari

Abstract


Penelitian ini untuk mendeskripsikan kebijakan pendidikan karakter di SMP Al-Hikmah serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui  observasi,  wawancara,  dan  kajian  dokumen.  Subjek  penelitian  adalah  kepala  sekolah,  guru, karyawan,  dan  siswa.  Analisis  data  penelitian  yaitu  reduksi  data,  penyajian  data,  dan  penarikan kesimpulan.  Uji  keabsahan  data  dengan  triangulasi  teknik  yaitu  hasil  penelitian  dicek  dengan  observasi dan kajian dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kebijakan pendidikan karakter dicetuskan untuk  membentuk  perilaku  siswa  yang  memiliki  karakter  yang  baik.  (2)  Program  pendidikan  karakter yaitu program intrakurikuler dan ektrakurikuler. Pendidik dalam pendidikan karakter adalah diri sendiri, orang  tua,  guru,  kepala  sekolah,  karyawan,  teman,  lingkungan  masyarakat,  dan  media  massa.  Strategi pendidikan  karakter  melalui  integrasi  pembelajaran  di  sekolah  dan  pelajaran  pesantren.  Metode pendidikan  karakter  yaitu  inkulkasi  (penanaman)  nilai,  keteladanan,  fasilitasi,  dan  pengembangan ketrampilan.  Evaluasi  dilakukan  pada  rapat-rapat  sekolah.  (3)  Faktor  pendukung  kebijakan  adalah kemauan siswa, integrasi pendidikan di sekolah dan pesantren. Faktor penghambat yaitu input siswa yang berasal  dari  berbagai  daerah,  sarana  dan  prasarana,  dana,  konsistensi  guru  dalam  mengajar,  pengaruh lingkungan, serta inovasi kurikulum di pesantren.

Kata kunci: Kebijakan, Pendidikan Karakter


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v4i2.1433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics