PENDIDIKAN KARAKTER DALAM EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA

Anggatra Herucakra Aji,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan implementasi pendidikan karakter dalam ekstrakurikuler  Pramuka  di  SMP  Negeri  1  Yogyakarta,  mengkaji  secara  mendalam  mengenai  faktor pendukung  dan  penghambat,  serta  strategi  yang  digunakan  dalam  mengatasi  hambatan  yang  muncul dalam implementasi kebijakan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, pembina Pramuka, dan siswa sebagai dewan  penggalang.  Metode  pengumpulan  data  yang  digunakan  berupa  observasi,  wawancara,  dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan  penarikan  kesimpulan.  Uji  keabsahan  data  menggunakan  triangulasi  teknik  dan  sumber.  Hasil penelitian  ini  menunjukkan  bahwa:  1)  Proses  dan  implementasi  pendidikan  karakter  dalam ekstrakurikuler  Pramuka  di  SMP  Negeri  1  Yogyakarta  menggunakan  beberapa  metode  yaitu;  a)  metode belajar  interaktif  progresif,  b)  sistem  among,  c)  kiasan  dasar.  2)  Faktor  pendukung  yaitu  UU  No.  12 Tahun  2010  tentang  Gerakan  Pramuka  serta  hasil  dari  Keputusan  Musyawarah  Nasional  Gerakan Pramuka  nomor:  11/Munas/2013  tentang  AD/ART  Gerakan  Pramuka,  fasilitas  dan  prasarana  yang lengkap,  antusiasme  peserta  didik,  pembina  Pramuka  yang  profesional,  kurikulum  sekolah  yang mewajibkan  ekstrakurikuler  Pramuka,  serta  pengelolaan  kegiatan  ekstrakurikuler  Pramuka  yang  sudah baik.  Faktor  penghambat  yaitu  terbatasnya  anggaran  dana  sekolah,  masih  ada  beberapa  siswa  yang menganggap  Pramuka  hanya  sebatas  melaksanakan  kegiatan  sekolah  saja,  ditambah  lagi  dengan  minimnya  pengetahuan  orang  tua  tentang  kegiatan  ekstrakurikuler  Pramuka.  3)  Strategi  sekolah  dengan cara mendapatkan dana dari pentas seni, persewaan gedung olahraga (GOR), Dana BOS dan bantuan dari Dinas  Pendidikan.  Serta  diadakannya  pertemuan  rutin  maupun  insidental  dengan  orang  tua  atau  wali murid.  

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Ekstrakurikuler Pramuka 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v5i1.1424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics