PERAN EDUKATIF ORANGTUA DALAM KEBERHASILAN PENDIDIDKAN ANAK

Dwi Trisnawati

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  peran  edukatif  orangtua  dalam keberhasilan  pendidikan  anak  dan  untuk  mendeskripsikan  faktor  pendukung  serta penghambat orangtua dalam melakukan peran edukatif untuk meningkatkan keberhasilan pendidikan anak.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan  di  SD  Muhammadiyah  Demangan.  Subjek  penelitian  ini  adalah  orangtua yang ditentukan dengan teknik purposive. Informan penelitian ini adalah 5 guru kelas, 5 orangtua anak berprestasi dan 5 orangtua anak kurang berprestasi. Teknik pengumpulan data  dengan  wawancara  mendalam  dan  dokumentasi.  Pengabsahan  data  penelitian  ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu data collection, data reduction, data display dan conclusion drawing/ verifying.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Keberhasilan pendidikan anak di SD Muhammadiyah  Demangan  dicirikan  dengan  prestasi,  menjadi  juara  kelas,  mengikuti lomba  olimpiade  dan  berkarakter  baik;  2)  Peran  edukatif  orangtua  dalam  keberhasilan pendidikan anak, yaitu memberi contoh dan menyuruh mencontoh, membiasakan belajar, memberi penjelasan, memberi dorongan, menyuruh  dan melarang,  mengajak berdiskusi, memberi bimbingan dan penyuluhan, mengajak anak untuk berbuat, memberi kesempatan mencoba,  menciptakan  situasi  yang  baik,  mengadakan  pengawasan  dan  pengecekan, menerapkan  pendidikan  karakter,  serta  menerapkan  model  pola  asuh  demokratis;  3) Faktor pendukung dan penghambat keberhasilan anak dapat dilihat dari keadaan jasmani dan  psikologis.  Anak  yang  berhasil  cenderung  tidak  memiliki  hambatan  karena  jasmani dan  psikologisnya  baik,  sedangkan  anak  yang  belum  berhasil  memiliki  hambatan psikologis,  yaitu  masih  ada  rasa  malas,  kurang  termotivasi,  kurang  disiplin  dan  kurang percaya diri; 4) Faktor pendukung dan penghambat orangtua dalam melaksanakan peran edukatif  untuk  keberhasilan  pendidikan  anak  yaitu:  (a)  Faktor  pendukung:  orangtua memiliki  pendidikan  baik,  memiliki  pekerjaan  atau  penghasilan  baik,    memiliki  waktu untuk  mendampingi  dan  membimbing  anak  belajar,  serta  orangtua  semakin  mudah mengakses  informasi  dan  komunikasi;  (b)  Faktor  penghambat:  orangtua  memiliki pendidikan  rendah,  adanya  lingkungan  dan  media  massa  yang  kurang  bersahabat, kurangnya waktu luang untuk mendampingi dan membimbing anak secara langsung. 

Kata Kunci
peran edukatif orangtua, keberhasilan pendidikan anak

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v4i1.1359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics