PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PEMIKIRAN PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA DI SMA TAMAN MADYA SE-KOTA YOGYAKARTA

ALI SURYA TOMY

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman siswa terhadap pemikiran pendidikan Ki Hajar  Dewantara  di  SMA  Taman  Madya  se-Kota  Yogyakarta  yang  terkait  dengan  profil  Ki  Hajar  dan  Taman Siswa,  tri  pusat  pendidikan,  teori  trikon,  sistem  among,  dan  trilogi  kepemimpinan.  Penelitian  ini  menggunakan pendekatan kuantitatif dengan  metode deskriptif. Subjek penelitian ini  yaitu peserta didik kelas X  dan XI dengan jumlah  101  responden.  Objek  penelitian  ini  adalah  pemahaman  siswa  terhadap  pemikiran  pendidikan  Ki  Hajar Dewantara.  Instrumen  penelitian  menggunakan  tes.  Uji  coba  instrumen  menggunakan  uji  validasi  dan  uji reliabilitas.  Analisis  data  menggunakan  kategori  skor  komponen.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  tingkat pemahaman  siswa  terhadap  pemikiran  pendidikan  Ki  Hajar  Dewantara  di  SMA  Taman  Madya  se-kota Yogyakarta  berada  pada  kategori  tinggi  dengan  nilai  sebesar  69,31%.  Dari  101  siswa,  sebanyak  70  siswa (69,31%) memliki tingkat pemahaman tinggi, 30 siswa (29,70%) memiliki tingkat pemahaman sedang dan 1 siswa (0,99%)  memiliki  tingkat  pemahaman  rendah.  Ada  lima  pokok  bahasan  yang  digunakan  untuk  mengukur  tingkat pemahaman  tersebut,  yaitu  (1)  Pemahaman  siswa  terhadap  profil  Ki  Hajar  Dewantara  dan  Taman  Siswa  berada pada  kategori  sedang  dengan  nilai    sebesar    68,32%    responden    (69    siswa).    (2)    Pemahaman    siswa    terhadap  tripusat    pendidikan    berada    pada  kategori  tinggi  dengan  nilai  sebesar  83,17%  responden  (84  siswa).  (3) Pemahaman  siswa  terhadap  teori  trikon berada pada kategori tinggi dengan nilai sebesar 59,41% responden (60 siswa). (4) Pemahaman siswa terhadap sistem among berada pada kategori tinggi dengan nilai sebesar 88,12% (89 siswa),  dan  (5)  Pemahaman  siswa  terhadap  trilogi  pendidikan  berada  pada  kategori  tinggi  dengan  nilai  sebesar 78,22% (79 siswa).  

Kata Kunci
pemahaman siswa, pendidikan, Ki Hajar Dewantara

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v4i1.1358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics