IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (KEBHINNEKAAN) DI SD MODEL KABUPATEN SLEMAN

Desi Ristiya Widiya Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi pendidikan multikultural dalam aspek pemahaman, interaksi dan strategi pembelajaran di SD Model Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif Hubberman dan Milles yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Implementasi pendidikan multikultural dilihat dari aspek; (a) Pemahaman pendidikan multikultural sudah dimiliki kepala sekolah dan guru; (b) Interaksi yang terjadi sangat komunikatif antara kepala sekolah, guru, dan siswa; (c) Nilai-nilai pendidikan multikultural ditanamkan melalui kegiatan baik di dalam ksedelas maupun di luar kelas; (d) Strategi pembelajaran melalui pembiasaan rutin dan pembiasaan terprogram serta pengintegrasian ke dalam mata pelajaran, (2) Faktor pendukung meliputi sikap saling menghormati dan menghargai yang timbul dari dalam siswa, komunikasi yang baik, sarana dan prasarana, latar belakang budaya siswa yang beragam, sosialisasi, serta dukungan dari lembaga pemerintah. Faktor penghambat meliputi guru kesulitan mengintegrasikan nilai multikultural pada mata pelajaran tertentu, motivasi siswa masih kurang, kurangnya dukungan orang tua; (3) Solusi dalam mengatasi faktor penghambat yaitu diskusi dengan guru lainnya, pemberian teguran dan diberi solusi serta diadakan open house.

Kata Kunci: implementasi, pendidikan multikultural

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v4i1.1353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics