IMPLEMENTASI KEBIJAKAN STANDARISASI PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 1 ALTERNATIF KOTA MAGELANG

Ulfah Maimunah

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pelaksanaan kebijakan standarisasi pendidikan pada aspek Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Sarana Prasarana, kendala yang dihadapi dan upaya yang dilakukan di SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Subyek penelitian ini berjumlah 8 orang. Penelitian dianalisis menggunakan metode Miles dan Huberman, uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan, untuk meningkatkan kompetensi lulusan, sekolah menekankan kepada standar proses dan standar kompetensi lulusan dengan bentuk kebijakan sekolah. Implementasi kebijakan sekolah tersebut melibatkan berbagai pihak sesuai dengan jenis kebijakan. Pembagian peran dalam setiap kebijakan beragam. Kendala dalam implementasi kebijakan yaitu sumber daya manusia, sumber dana, dan orang tua siswa. Upaya untuk menangani kendala adalah komunikasi intensif dengan orang tua siswa, melaksanakan, bimbingan dan diklat guru secara rutin, monitoring dan evaluasi oleh Kepala Sekolah, dan koordinasi dengan PDM Kota Magelang.
Kata Kunci : kebijakan, implementasi, standar

Abtract
This research aims to describe the implementation of education standardization education policy of education in aspects of graduate competency standards and infrastructure facilities, obstacles encountered and attempt was made at an Muhammadiyah 1 Alternatif Elementary School. This qualitative descriptive research use interview, observation, and review of documentation methods. This subjects of this research consist of 8 peoples. Data analysis use Miles and Huberman’s model meanwhile, validity test of the data is done by sources and techniques triangulation. The result of the research showed that Muhammadiyah 1 Alternatif Elementary school emphasizing infrastructure standards and graduate competency standards in the form of school policy implementation comes from human resources, source of funds, and parents of students. Efforts made to deal with obstacles are intensive comunication with parents, carry out guidance for teachers routinely, monitoring and evaluation of school principals, and coordination with Muhammadiyah Regional Leader Magelang City.
Keywords : Policy, Implementation, standar


Full Text:

PDF

References


Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Kebijakan Pendidikan FIP Universitas Negeri Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v7i6.13164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics