KEBIJAKAN PONDOK PESANTREN SUNAN PANDANARAN DALAM MENGEMBANGKAN SISTEM PENDIDIKAN KLASIKALKEBIJAKAN PONDOK PESANTREN SUNAN PANDANARAN DALAM MENGEMBANGKAN SISTEM PENDIDIKAN KLASIKAL

Atik Latifah

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebijakan Pondok Pesantren Sunan Pandanaran dalam mengembangkan sistem Pendidikan klasikal.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek warga Pondok Pesantren Sunan Pandanaran dengan objek sistem pengembangan pendidikan klasikal. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam dan studi dokumen. Peneliti menggunakan uji triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan model Miles dan Hubberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Sunan Pandanaran merupakan Pondok Pesantren modern yang mengaplikasikan sistem pendidikan klasikal yang berupa kitab kuning dan tahfidz kedalam kurikulum pada pembelajarannya, hal ini dimaksudkan agar para santri atau peserta didik dalam menambah khasanah pengetahuan mereka. Adapun pembagian kelas untuk kelas diniyyah ini telah disesuaikan dengan kemampuan dari para peserta didik, untuk tingkatan diniyyah sendiri dimulai dari kelas I’dadiyah, Ula/Awaliyyah, Wustho, Ulya, dan yang tertinggi yaitu kelas Takhassus, dengan begitu harapan untuk para peserta didik dapat terpenuhi yaitu dapat memahami ilmu dari kitab-kitab kuning tersebut.
Kata kunci: kebijakan pendidikan, pondok pesantren, pendidikan klasikal

Abstract
This study aims to describe the policy of Sunan Pandanaran Islamic Boarding School’s in developing a system of classical education.
This research includes qualitative descriptive research with the subject of Sunan Pandanaran Islamic Boarding School’s with the object of classical education development system. Data analysis technique used in this study are observation, in-depth interview and document studies. Researchers used triangulation test sources and technique. This study uses data analysis techniques with Miles and Hubberman models.
The results show that Sunan Pandanaran Islamic Boarding School’s is a modern boarding school that apply the system of classical education in the from of yellow book and tahfidz into curriculum in learning, it is intended that the students or learners in adding to their knowledge khasanah. The class division for this diniyyah class has been adjusted to the ability of the learners, to the level of diniyyah itself starting from class I’dadiyah, Ula/Awaliyyah, Wustho, Ulya and the highest is Takhassus class, so hope for the learners can fulfilled that can understand the science of the yellow books.
Keywords: education policy, Islamic boarding school, classical education


Full Text:

PDF

References


Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Kebijakan Pendidikan, FIP Universitas Negeri Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v7i6.13157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics