IMPLEMENTASI KEBIJAKAN FULL DAY SCHOOL DI SD MUHAMMADIYAH BODON KOTAGEDE

Nur Eko Marjoko P

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk memperoleh informasi mendalam tentang implementasi kebijakan fullday school di SD Muhammadiyah Bodon Kotagede. (2) Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat implementasi kebijakan fullday school yang berada di SD Muhammadiyah Bodon Kotagede. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa, guru dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman . Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tujuan kebijakan full day school yaitu untuk mengembangkan pendidikan karakter siswa baik dari segi sains maupun religiusnya, (2) Sumberdaya yang dimiliki yaitu memiliki luas tanah 4320m2, guru yang berkompeten serta siap dan mampu melaksanakan full day school. Sekolah mempunyai gedung sekolah dan fasilitas yang memadai dan mendukung untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. (3) Komunikasi yang dijalin antar agen pelaksana kebijakan full day school, yaitu dibentuk paguyuban dengan tujuan untuk menjaga komunikasi dan silaturahmi antar anggota kelas dan wali murid (4) Kegiatan belajar mengajar di sekolah dari hari Senin sampai hari Jumat, dimulai dari pukul 06.45-15.15. (5) Faktor penghambat dalam implementasi kebijakan full day school meliputi kurangnya komitmen guru/karyawan dalam bekerja dan pembagian jadwal. Faktor pendukungnya yaitu adanya dukungan dari orang tua siswa dan adanya fasilitas yang cukup memadai. (6) Upaya yang dilakukan pihak sekolah untuk mengatasi faktor penghambat dalam implementasi kebijakan full day school adalah meminta komitmen atau kesungguhan dari guru dan karyawan dalam bekerja sesuai prosedur.
Kata kunci: implementasi, kebijakan full day school

Abstract
This research aimed to (1) gain deeper information about full day school policy implementation in Muhammadiyah Bodon Kotagede Elementary School. (2) Identify supporting and inhibiting factors of the policy implementation. This research was a descriptive qualitative research. The subjects were students, teachers, and principal. Data collection technique used observation, interview, and documentation. Data analysis technique using model Miles and Huberman. Data validity used source triangulation technique and triangulation technique. The research showed that: (1) the purpose of full day school implementation is to develop student’s character education both from scientific and religious side. (2) Resources owned by this school are having a land area of 4320m2, teachers who are competent, ready, and able to implement full day school. Besides, this school has school building and adequate facilities to support teaching and learning activities. (3) Communication built among full day school policy implementing agencies is formed group having a purpose to keep communication and hospitality between members of class and parents. (4) Activities in school from Monday up to Friday, started from 06.45 to 15.15 am. (5) The inhibiting factors are the lack of support from societies and of teachers and staff commitment in their working and division of the schedule. Meanwhile, the supporting factor comes from parents support and facilities which are adequate enough. (6) The efforts taken by school to cope with the inhibiting factors are asking commitment from teachers and staffs on working which bases on the procedure.
Key words: implementation, full day school implementation.


Full Text:

PDF

References


Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Kebijakan Pendididkan FIP Universitas Negeri Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v7i5.13154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics