IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI SMA NEGERI 7 PURWOREJO

Rindha Much Zakaria

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Kebijakan Pendidikan Kewirausahaan di SMA Negeri 7 Purworejo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah pendidikan kewirausahaan di SMA Negeri 7 Purworejo.Setting dalam penelitian ini di SMA Negeri 7 Purworejo. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian implementasi kebijakan pendidikan kewirausahaan di SMA Negeri 7 Purworejo meliputi : (1) Interpretasi, (a) Landasan pelaksanaan pendidikan kewirausahaan adalah kurikulum 2013, (b) Pemahaman guru pendidikan kewirausahaan di sekolah, (2) Organisasi, (a) Guru sebagai pelaksana menyampaikan materi kepada siswa, (b) Kurikulum 2013 menjadi pedoman dalam pelaksanaan pendidikan kewirausahaan, (c) Pengadaan anggaran dan peralatan dilakukan pada awal tahun pelajaran yang diambil dari dana BOS dan iuran SPP, (d) Koordinasi melibatkan banyak pihak sesuai dengan peran yang dimiliki, (e) Penyusunan jadwal dilakukan pada awal tahun pelajaran dengan mempertimbangkan rpp dan rencana kegiatan sekolah, (3) Aplikasi, Pelaksanaan kegiatan diikuti oleh seluruh warga sekolah dengan pengelolaan dilakukan bersama-sama.
Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Pendidikan Kewirausahaan, SMA Negeri 7 Purworejo

Abstract
This study aims to describe policy implementation of entrepreneurship education in SMA Negeri 7 Purworejo. This research is descriptive research with qualitative approach. Subjects of this research are teacher and students. Object of this research is entrepreneurship education in SMA Negeri 7 Purworejo. Setting this research was conducted in SMA Negeri 7 Purworejo. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. Data analys with using data collection, data reduction, and data presentation. Validity of this research using triangulation techniques and engineering resources. The results of this study show that: 1) Interpretation, (a) The implementation of entrepreneurship education based on 2013 curriculum. (b) Teachers understand how policy implementation in school. 2) Organisation, a) Teacher as implementor submit the matery to student, (b) 2013 Curriculum ben guidance in the implementation of entrepreneurship education, (c) Financial resources and equipment, procurement of budget and equipment at the beginning of the year taken from BOS funds. (d) Coordination involves many parties according to their role. (e) The shcedule done at the beginning of school year considering with rpp and school activity. (3) Aplication, Implementation of activities resident with management who held together.
Keywords: policy implementation, policy sports class, classes in high school sports


Full Text:

PDF

References


Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Kebijakan Pendidikan FIP, Universitas Negeri Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v7i4.13129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics