IMPLEMENTASI KEBIJAKAN STANDAR MUTU MADRASAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BANTUL

Khoiriyah Retno Utami

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan standar mutu madrasah, serta faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kebijakan standar mutu madrasah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah 2 orang komite madrasah, kepala sekolah, 4 orang wakil kepala sekolah, 2 guru, 3 staf karyawan, dan 2 orang siswa MAN 1 Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan telaah dokumen. Uji keabsahan data yang dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan standar mutu madrasah di MAN 1 Bantul ditetapkan melalui pencanangan peningkatan mutu dan prestasi akademik sekolah melalui uji publik. Empat fokus pengembangan mutu yaitu pengembangan pada karakter dan tahfidz, pengembangan bidang akademik, pengembangan bidang ekstrakurikuler, dan pengembangan pada bidang keterampilan. Implementasi kebijakan standar mutu di MAN 1 Bantul terdapat tiga komponen utama yaitu input, proses, dan output pendidikan. Sumber daya manusia dan adanya kerja sama menjadi faktor pendukung implementasi kebijakan standar mutu, sedangkan alokasi waktu yang kurang efektif menjadi faktor penghambat dalam implementasi kebijakan standar mutu.
Kata kunci : Kebijakan Standar Mutu, Madrasah Aliyah, Uji Publik.

Abstract
This study aims to describe the implementation of standard policies of madrasah quality, as well as supporting and inhibiting factors in the implementation of the standard policy of madrasah quality in Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bantul. This research uses qualitative approach with descriptive research type. The subjects of this study were 2 madrasah committee, principal, 4 vice principals, 2 teachers, 3 staff employees, and 2 students of MAN 1 Bantul. Data collection techniques use in-depth interviews, observation and document review. Test the validity of data performed by triangulation of sources and techniques. Data analysis is done through data reduction, data presentation, and conclusion. The results showed that the standard policy of madrasah quality in MAN 1 Bantul was determined through the declaration of quality improvement and school academic achievement through public test. Four focus of quality development is development of character and tahfidz, academic development, extracurricular field development, and skill development. The implementation of standard quality policy in MAN 1 Bantul has three main components namely input, process, and education output. Human resources and co-operation are the supporting factors of implementation of standard quality policy, while less effective time allocation becomes an obstacle factor in the implementation of standard quality policy.
Keywords: Standard Quality Policy, Madrasah Aliyah, Public Tes.


Full Text:

PDF

References


Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Kebijakan Pendidikan FIP Universitas Negeri Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v7i3.13087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics