KEBIJAKAN PENDIDIKAN BERDASARKAN PRINSIP MONTESSORI DENGAN PENDIDIKAN ISLAM DI SAFA ISLAMIC PRESCHOOL YOGYAKARTA

Aprilia Rosida

Abstract


Abstrak

Penelitian ini mendeskripsikan proses perumusan kebijakan pendidikan berdasarkan prinsip Montessori dengan pendidikan Islam di Safa Islamic Preschool Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model Miles dan Huberman meliputi tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Subjek penelitian ialah penanggung jawab (founder), kepala sekolah, pendidik dan orangtua peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis komponen tahap-tahap kebijakan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa proses perumusan kebijakan melalui beberapa tahap yaitu (1) penyusunan agenda dilakukan oleh founder, dan tim yang dipilih, membuat agenda kebijakan berdasarkan masalah yang dihadapi; (2) formulasi kebijakan dengan mendirikan sekolah Montessori diintegrasikan dengan pendidikan Islam, pembuatan kurikulum dasar dan penetapan sekolah sebagai preschool dan daycare; (3) adopsi kebijakan, menetapkan kurikulum Montessori dan pendidikan Islam; (4) implementasi kebijakan berdasarkan lesson plan, terdapat faktor pendukung berupa fasilitas dan gedung yang baik, tenaga pendidik yang masih muda sehingga banyak inovasi baru, faktor penghambat yang dialami yaitu kurangnya tenaga pendidik yang paham konsep Montessori, kurangnya media pembelajaran; (5) program kelas yaitu reguler, half day, full day 1 dan full day 2, terdapat program untuk peserta didik dan orangtua peserta didik Safa Islamic Preschool Yogyakarta.

Kata kunci: Kebijakan pendidikan, Montessori, pendidikan Islam.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i7.10298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics