IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD KRISTEN KALAM KUDUS DAN SD MUHAMMADIYAH SURONATAN

Eruin Endaryanta

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan pemahaman warga kedua sekolah tentang budaya
literasi, strategi dan program sekolah, serta faktor pendukung maupun penghambatnya. Penelitian
deskriptif kualitatif ini menggunakan metode wawancara, observasi dan telaah dokumen. Subyek
penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, karyawan dan siswa di kedua sekolah. Analisis data
menggunakan model Miles dan Huberman, sedangkan uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber
dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di kedua sekolah budaya literasi dipahami sebatas
budaya membaca dan menulis. Strategi yang dilakukan oleh SD Kristen Kalam Kudus antara lain
mewajibkan siswa meminjam buku setiap minggu dan menggelar lomba kepenulisan dengan program
antara lain renungan dan reading time, sedangkan strategi di SD Muhammadiyah Suronatan seperti
menyediakan perpustakaan yang nyaman dan memajukan jam masuk sekolah dengan program meliputi
kegiatan membaca 15 menit dan kunjungan perpustakaan. Komitmen pelaksana dan alokasi anggaran
menjadi faktor pendukung sedangkan rendahnya budaya literasi di kalangan guru menjadi faktor
penghambat di kedua sekolah.
Kata kunci: budaya literasi, Gerakan Literasi Sekolah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i7.10297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics