EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DI SMK MA’ARIF 1 WATES

Kun Azka Mazidatil Aula

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas kepemimpinan pendidikan dan faktor
pendukung dan penghambatnya di SMK Ma’arif 1 Wates.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian yaitu Kepala
Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Sarana dan Prasarana, Kesiswaan, dan Humas. Obyek
penelitian ini mengenai kepemimpinan pendidikan di sekolah. Data diperoleh dengan cara observasi,
wawancara mendalam, dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti. Analisis data menggunakan
model Milles dan Huberman yaitu pengumpulan, reduksi, deskripsi data, dan penarikan kesimpulan. Uji
keabsahan data melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) keefektivitasan kepemimpinan pendidikan di SMK
Ma’arif Wates dapat dilihat dari pengkoordinasian yang dilakukan oleh Kepala Sekolah kepada
bawahannya, pembagian tugas kepada bawahannya, memberikan pengaruh positif kepada bawahannya, dan
melakukan pendelegasian kepada bawahannya serta pemantauan berkala. (2) faktor pendukung
kepemimpinan pendidikan di sekolah yaitu; adanya koordinasi rutin yang dilakukan oleh Kepala Sekolah
kepada bwahannya seperti kepada Wakil Kepala Sekolah Guru Karyawan maupun siswa dan orang tua/wali
siswa, adanya jalinan relasi kerja sama yang telah terjalin antara sekolah dengan pihak luar, sedangkan
faktor penghambatnya adalah jumlah siswa yang banyak dan pengontrolan dari pihak sekolah kadang tidak
dapat maksimal.
Kata Kunci : Efektivitas, Kepemimpinan pendidikan, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Sekolah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i7.10296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics