IMPLEMENTASI PROGRAM INDONESIA PINTAR MELALUI KARTU INDONESIA PINTAR TAHUN 2015/2016 DI SMA N 11 YOGYAKARTA

Agus Setyani Sugiyasari

Abstract


Abstrak
Peneltian ini bertujuan: 1) mendeskripsikan implementasi Program Indonesia Pintar melalui
Kartu Indonesia Pintar tahun 2015/2016 di SMA N 11 Yogyakarta dan 2) mendeskripsikan
faktorfaktor pendukung dan penghambat implementasi PIP melalui KIP di SMA N 11 Yogyakarta.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara,
observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data dari
Milles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Uji
validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: 1)
Implementasi PIP melalui KIP: PIP dikomunikasikan pada event tertentu seperti workshop. Sumber
daya peralatan sudah memadai seperti komputer dan wifi. Jumlah pengelola PIP ada 2 orang.
Informasi mengenai pengusulan dan pencairan dana sudah jelas. Peran sekolah antara lain
pengusulan, sosialisasi, dan pembuatan surat keterangan. 2) Faktor yang mendukung: komunikasi,
dukungan, sumber daya peralatan, dan informasi. Faktor yang menghambat: komunikasi, sumber daya
modal dan akurasi data.
Kata kunci: implementasi, Program Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Pintar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i6.10115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics