PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK BATIK PERBAIK PURWOREJO

Nimas Alviana

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi pendidikan kewirausahaan
di SMK Batik Perbaik Purworejo, (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat pendidikan
kewirausahaan di SMK Batik Perbaik Purworejo.
Penelitian dilaksanakan di SMK Batik Perbaik Purworejo. Penelitian menggunakan
pendekatan deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru dan siswa.
Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan melalui
triangulasi sumber. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa pendidikan kewirausahaan di SMK
Batik Perbaik Purworejo terbagi atas dua strategi yaitu wajib dan tidak wajib, yang wajib
dilaksanakan yaitu mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan, ekstrakulikuler pramuka dan ujian
praktik atau bazar, sedangkan yang tidak wajib bahwa pendidikan kewirausahaan diintegrasikan ke
dalam semua mata pelajaran dan career center. Model pembelajaran menggunakan Discovery
Learning dan Project Based Learning. Evaluasi pendidikan kewirausahaan melalui ulangan harian,
ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ujian praktek dan career center. Sarana prasarana
serta kompetensi guru menjadi faktor pendukung, sedangkan keberagam siswa menjadi faktor
penghambat pendidikan kewirausahaaan.
Kata Kunci: Pendidikan Kewirausahaan, Sekolah Menengah Kejuruan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i6.10110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics