IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK DI TK PEDAGOGIA

Findri Lukitasari

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan kurikulum pendidikan berbasis budaya
dalam pengembangan karakter anak di TK Pedagogia. Pendekatan penelitian ini adalah diskriptif kualitatif.
Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, guru, siswa, dan orang tua siswa. Teknik
pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan pencermatan dokumen. Data dianalisis dengan reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan
teknik. Hasil penelitian adalah kurikulum pendidikan berbasis budaya merupakan hasil pengembangan
Kurikulum 2013 terintegrasi dengan pendidikan etika lalu lintas dan pendidikan inklusi. Pelaksanaan
kurikulum melalui penanaman nilai karakter dan kebiasaan dalam kegiatan seperti penggunaan bahasa Jawa,
penggunaan pakaian adat Jawa, permainan tradisional Jawa, lagu daerah, tradisi masyarakat Jawa,
kunjungan budaya, rambu-rambu dan tata tertib lalu lintas, serta pengembangan diri. Strategi pembelajaran
adalah pengelompokan usia yaitu 4-5 tahun dan 5-6 tahun dengan metode bercakap-cakap, demonstrasi,
unjuk kerja, dan bermain peran. Faktor pendukungnya berupa tersedianya peralatan, partisipasi warga
sekolah, peraturan sekolah, dan keterlibatan orang tua siswa, sedangkan faktor penghambat berasal dari
proses penilaian, rasa kesulitan siswa, perkembangan teknologi, pendanaan, dan kurangnya kerjasama orang
tua. Hasil pembelajaran berupa perkembangan karakter dan sikap budaya anak sesuai dengan budaya Jawa
meliputi kesopanan, kegotongroyongan, kedisiplinan, dan toleransi.
Kata kunci: Kurikulum, Pendidikan Berbasis Budaya, Budaya Jawa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i5.10105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics