IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBINAAN DAN PEMBIMBINGAN SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER BAGI NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIA YOGYAKARTA

Siti Fauziah Romadoni

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan implementasi kebijakan pembinaan dan
pembimbingan sebagai pendidikan karakter bagi narapidana di LP Klas IIA Yogyakarta, (2) mengetahui
faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kebijakan, dan (3) mengetahui solusi dari hambatan
pelaksanaan kebijakan. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah lima
narapidana dan enam petugas pemasyarakatan. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan studi
dokumen dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian adalah: (1) pelaksanaan
kebijakan pembinaan dan pembimbingan sebagai pendidikan karakter di LP Klas IIA Yogyakarta berjalan
sesuai tujuan pemasyarakatan. Pendidikan karakter dilaksanakan melalui kegiatan jasmani, rohani,
intelektual dan kemandirian, (2) faktor pendukungnya adalah narapidana taat dan tertib; kerja sama dengan
pihak ketiga; memperoleh voucher; kebijakan wajib diikuti narapidana. Faktor penghambatnya adalah
kurangnya motivasi sebagian narapidana; sarana prasarana dan anggaran terbatas; pemasaran sempit, dan (3)
solusi dari hambatan adalah memberikan pengusulan cuti dan sanksi dimasukan ke selker; memotivasi
narapidana; mengajukan proposal ke Kantor Wilayah Hukum dan HAM DIY.
Kata Kunci : Implementasi kebijakan, pembinaan dan pembimbingan, pendidikan karakter

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i5.10099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics