PENGARUH FREEMASONRY TERHADAP ORGANISASI BUDI UTOMO 1908-1935

Fathimah Dayaning Pertiwi

Abstract


Budi  Utomo  dan  Freemasonry  ternyata  memiliki  hubungan  yang  erat. Penelitian   ini   mempunyai   tujuan   untuk   mengetahui:   (1)   Mengetahui   dan memahami latar belakang berdirinya organisasi Budi Utomo. (2) Mengetahui dan memahami perkembangan Freemasonry di Indonesia. (3) Menganalisis pengaruh Freemasonry terhadap Organisasi Budi Utomo.

Dalam   penelitian   ini   menggunakan   metode   penelitian   sejarah   dari Kuntowijoyo  yang terdiri dari lima tahap. Tahap pertama yaitu pemilihan topik. Kedua pengumpulan sumber  data yang terdiri dari dua sumber. Sumber primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku karya Albert Pike yang berjudul Morals and Dogma. Tahap ketiga yaitu Verifikasi. Tahap  keempat Interpretasi. Tahap kelima Historiografi.

Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Freemasonry merupakan organisasi Internasional yang bersifat rahasia. Mereka mempunyai simbol-simbol dan ritual tertentu dan para anggotanya juga hanya orang-orang dari golongan tertentu. (2) Kondisi  sosial-ekonomi  masyarakat   pribumi  masih  sangat  memprihatinkan. Pendidikan hanya diperuntukkan bagi golongan bangsawan dan priyayi. Para elite pribumi mendirikan Organisasi Budi Utomo untuk memperbaiki kondisi tersebut terutama melalui  bidang  pendidikan.(3) Pengaruh  Freemasonry  terhadap  Budi Utomo   terlihat   dari   pemikiran   para   anggota   Budi   Utomo   mengenai   ide kebangkitan  nasional.  Selain  itu,  prinsip  organisasi  Budi  Utomo  mengenai netralitas   beragama  juga  diperkirakan   karena   pengaruh  dari   Freemasonry. Freemasonry juga membantu dalam hal pendanaan ke Budi Utomo

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto