PERAN FATMAWATI DALAM MEMPERJUANGKAN KEMERDEKAAN INDONESIA (1945-1955)

Destiara Andini Ulandari

Abstract


Tercapainya proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, tidak terlepas dari dukungan dan bantuan seluruh rakyat Indonesia, terutama perempuan. Salah satu di antara perempuan-perempuan yang ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia ialah Fatmawati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) latar belakang kehidupan Fatmawati; (2) peran Fatmawati dalam kemerdekaan Indonesia; dan (3) peran Fatmawati sebagai ibu negara.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah menurut Kuntowijoyo yang terdiri dari 5 tahap, yaitu pertama menentukan topik penelitian, kedua heuristik atau, ketiga verifikasi, keempat interpretasi, dan terakhir historiografi.. Salah satu sumber yang digunakan yaitu autobiografi Fatmawati yang berjudul Catatan Kecil Bersama Bung Karno.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Fatmawati merupakan istri presiden pertama Republik Indonesia yang lahir di Bengkulu. Fatmawati hidup di masa pergerakan nasional dan orangtuanya berjuang melalui organisasi Muhammadiyah. Pada tahun 1938 Fatmawati tinggal di rumah Soekarno sebagai murid, kemudian tahun 1943 Fatmawati dipinang Soekarno menjadi istri; (2) peran Fatmawati dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia terbagi menjadi dua, yaitu sebelum merdeka (1942-1945) dan masa mempertahankan kemerdekaan Indonesia (1946-1950). Sebelum Fatmawati menikah dengan Soekarno, dia ikut  ibunya dalam organisasi Muhammadiyah. Setelah Fatmawati menikah dengan Soekarno, Fatmawati menjadi tombak di garis belakang, membantu para gerilyawan dalam memenuhi kebutuhan pangan dan pakaian saat berada di lapangan; dan (3) peran Fatmawati sebagai ibu negara, mendampingi Soekarno sebagai pemimpin, salah satunya ketika keluarga Presiden berlindung ke hutan dari serangan Agresi Militer Belanda I di Yogyakarta. Fatmawati dan Soekarno kembali ke Jakarta tahun 1949. Soekarno meminta izin untuk menikah lagi, hal inilah yang membuat Fatmawati meninggalkan Istana Merdeka pada tahun 1955

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto