PERISTIWA ANTI CINA DI SUKABUMI TAHUN 1963

DIMAS ALDI PANGESTU

Abstract


Peristiwa anti Cina di Sukabumi merupakan kelanjutan peristiwa anti Cina yang juga terjadi di kota-kota daerah Jawa Barat pada tahun 1963. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui: (1) hubungan kehidupan masyarakat Pribumi dan Cina di Sukabumi; (2) jalannya peristiwa anti Cina di Sukabumi tahun 1963 dan hubungannya dengan peristiwa anti Cina di kota-kota lainnya di daerah Jawa Barat; (3) dampak dari peristiwa anti Cina di Sukabumi.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah Kuntowijoyo yang terdiri lima tahapan. Pertama pemilihan topik. Kedua pengumpulan sumber data primer dan sekunder. Sumber primer menggunakan artikel koran pada bulan Mei 1963 sampai Januari 1964. Ketiga verifikasi atau kritik sumber. Keempat Interpretasi. Kelima historiografi.

Hasil penelitian ini adalah: (1) hubungan masyarakat Pribumi dan Cina sudah terjalin lama di Sukabumi. Akibat politik segregasi Belanda dan beberapa peristiwa pasca kemerdekaan hubungan mereka menjadi renggang; (2) Peristiwa anti Cina di Sukabumi pada 18 Mei 1963 dilakukan oleh pelajar dan mahasiswa. Hari berikutnya rakyat bahkan anak-anak kecil ikut serta. Hubungannya dengan peristiwa anti Cina di kota-kota Jawa Barat dengan di Sukabumi adalah sebagian besar pelaku pengrusakan merupakan pelajar serta mahasiswa, di Sukabumi tidak adanya aksi pembunuhan dan hanya pengrusakan terhadap material golongan masyarakat Cina; (3) Dampak peristiwa anti Cina di Sukabumi adalah semakin renggangnya hubungan antara masyarakat Pribumi dan Cina, timbul ketidak percayaan terhadap pemerintah dari masyarakat Cina. Kerugian seluruh barang-barang yang dirusak dan dibakar pada peristiwa anti Cina 18-19 Mei 1963 di Sukabumi merupakan terparah dengan nilai 2,5 miliar Rupiah. Harga-harga barang naik akibat tidak adanya barang-barang di pasaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto