PERANAN SUJATIN KARTOWIJONO DALAM PERGERAKAN KAUM WANITA TAHUN 1922-1983

SURANTI WUSANDAR

Abstract


Salah satu tokoh wanita dalam sejarah bangsa Indonesia yang turut berperan memperjuangkan hak-hak wanita adalah Sujatin Kartowijono. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) latar belakang kehidupan Sujatin Kartowijono; (2) peranan Sujatin Kartowijono dalam pergerakan wanita pada masa kolonial tahun 1922-1945; (3) peranan Sujatin Kartowijono dalam pergerakan wanita pasca kemerdekaan tahun 1946- 1983.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah menurut Kuntowijoyo yang terdiri dari lima tahapan. Tahap pertama adalah pemilihan topik penelitian. Tahap kedua adalah pengumpulan sumber atau heuristik. Tahap ketiga adalah verifikasi atau kritik sumber. Tahap keempat adalah interpretasi. Tahap terakhir adalah historiografi.

Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Sujatin Kartowijono merupakan sosok wanita yang berasal dari keluarga kelas menengah dan lulusan sekolah pendidikan guru. Sejak remaja ia mempunyai semangat keberanian tinggi untuk memperbaiki nasib kaum wanita yang ditunjukkan melalui penolakannya atas perlakuan tidak adil terhadap  wanita di lingkungan keraton, (2) peranan Sujatin Kartowijono dalam pergerakan  wanita pada masa kolonial tahun 1922-1945 diawali dengan mengikuti organisasi Jong Java pada tahun 1922, mendirikan Putri Indonesia pada 1926 dan sebagai aktifis Kongres Perempuan. Selanjutnya pada masa pemerintahan Jepang, Sujatin menekankan perjuangannya sebagai guru dan menolak pembentukan Fujinkai, (3) peranan Sujatin Kartowijono dalam pergerakan wanita pasca kemerdekaan tahun 1946-1983 meliputi keterlibatannya sebagai anggota dapur umum WANI, aktif dalam PERWARI maupun KOWANI, serta menjadi pegawai negeri di Departemen Pendidikan Jawatan  Pendidikan Masyarakat. Sujatin juga mengemukakan gagasannya tentang wanita  melalui tulisannya di beberapa majalah PERWARI dan siaran acara wanita di Radio Republik Indonesia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto