PENERAPAN TEKNIK-TEKNIK PENILAIAN PEMBELAJARAN SEJARAH DI MAN 1 YOGYAKARTA

Ikka Ida Rokhyani

Abstract


Penilaian pembelajaran sejarah pada kurikulum 2013 menitikberatkan pada kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Guru dituntut memiliki pemahaman dan kemampuan dalam evaluasi pembelajaran. Tujuan penilitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan teknik-teknik penilaian pembelajaran sejarah di MAN 1 Yogyakarta.

            Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru sejarah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan teknik-teknik penilaian dalam pembelajaran sejarah di MAN 1 Yogyakarta menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui ranah kognitf siswa. Teknik tes yang digunakan meliputi tes uraian (essay) dan tes objektif. Tes uraian (essay) yang diterapkan dalam bentuk uraian bebas, uraian terbatas dan uraian terstruktur, sedangkan teknik tes objektif yang diterapkan adalah bentuk pilihan ganda. Tes dilakukan dalam ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan semester. Sedangkan teknik non tes digunakan untuk mengetahui ranah afektif dan ranah psikomotor siswa.Teknik non tes yang digunakan meliputi penilaian sikap, penilaian unjuk kerja dan penilaian produk. Penilaian sikap dilakukan dengan observasi mengamati sikap siswa. Penilaian unjuk kerja digunakan sebagai penilaian bagaimana cara siswa dalam mempresentasikan hasil diskusinya. Penilaian produk diterapkan dengan siswa membuat paper atau makalah hasil diskusi dengan melihat kriteria-kriteria penilaian yang sudah ditentukan guru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto