IMPLEMENTASI METODE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X-3 DI SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2016/2017

MELIKHATUN MELIKHATUN

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana implementasi metode Two Stay Two Stray untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas X-3 di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan, (2) Apa kelebihan implementasi metode Two Stay Two Stray dalam pembelajaran sejarah kelas X-3 di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan, (3) Apa kendala implementasi metode Two Stay Two Stray dalam pembelajaran sejarah kelas X-3 di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan.

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terjadi dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Implementasi metode Two Stay Two Stray dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas X-3 di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan. Hal ini dapat dibuktikan melalui hasil angket penerapan metode Two Stay Two Stray pada siklus I menunjukkan presentase sebesar 77.90% dan pada siklus II sebesar 80.46%. Pada siklus II diterapkan metode Two Stay Two Stray yang dikolaborasikan dengan kuis berhadiah. (2) Implementasi metode Two Stay Two Stray ini memiliki kelebihan yaitu siswa aktif dan bersemangat mengikuti pembelajaran. (3) Kendalanya adalah membutuhkan waktu yang lama.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto