IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN JAWABAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PEMINATAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X IIS 1 SMA N 1 SANDEN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Erlina INDRI PUJI ASTUTI

Abstract


Kurang optimalnya minat belajar sejarah siswa menjadi permasalahan pada kelas X IIS 1 SMA Negeri 1 Sanden Bantul, Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  bagaimana  cara meningkatkan minat belajar sejarah melalui bermain jawaban serta mengetahui kelebihan dan kendala dalam implementasi model bermain jawaban saat diterapkan dalam pembelajaran sejarah pada siswa kelas X IIS 1 di SMA N 1 Sanden.

            Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terjadi dalam 2 siklus. Setiap siklusnya mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif.

            Hasil penelitian menunjukkan (1) Pembelajaran sejarah dengan model pembelajaran bermain jawaban dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah di kelas X IIS 1 SMA Negeri 1 Sanden Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Pada siklus I penerapan model bermain jawaban didapatkan hasil observasi minat belajar sejarah peserta didik 70% dan angket sebesar 72,47% di atas indikator keberhasilan ≥ 65. Kemudian pada siklus II dengan kolaborasi Ular Tangga Berhadiah hasil observasi minat 76,7% dan angket sebesar 79,58%. (2) Penerapan model bermain jawaban dalam pembelajaran sejarah peminatan memiliki kelebihan, yaitu peserta didik merasa senang dan menunjukkan sikap antusias, tidak bosan dalam belajar, bertambah wawasan materi, lebih aktif, berani berpendapat, melakukan sanggahan, berani maju ke depan dan berani bertanya. (3) Kendala dalam penerapan model bermain jawaban, yaitu dari segi waktu karena dilakukan setelah jam istirahat, kurang kondusifnya kelas, kurang maksimalnya kerjasama antar kelompok

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto