DAMPAK REVOLUSI HIJAU PADA MASA ORDE BARU DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 1971-1976

Nugraha Elya Patra

Abstract


 

Gunungkidul merupakan daerah yang sering mengalami kekurangan pangan, untuk menanggulangi hal tersebut pemerintah memberlakukan program revolusi hijau. Tujuan penelitian ini adalah; (1) mengetahui kondisi sosial ekonomi masyarakat Gunungkidul sebelum pelaksanaan revolusi hijau; (2) mengetahui program revolusi hijau yang dilaksanakan di Kabupaten Gunungkidul tahun 1971-1976; (3) mengetahui dampak pelaksanaan revolusi hijau yang dilaksanakan di kabupaten Gunungkidul tahun 1971-1976.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah menurut Kuntowijoyo, dengan tahapan (1) Pemilihan topik, (2) Heuristik (mengumpulkan sumber), (3) Kritik sumber, (4) Interpretasi, (5) Historiografi. Pemilihan topik merupakan tahap untuk menentukan judul penelitian berdasarkan pertimbangan tertentu. Heuristik merupakan tahap mengumpulkan sumber baik primer maupun sekunder. Kritik sumber dilakukan untuk menguji keaslian sumber baik secara fisik maupun isi. Interpretasi merupakan tahap dimana sumber ditafsirkan dan dipahami. Historiografi merupakan tahap penyusunan seluruh penelitian berdasarkan kaidah penulisan historis.

Hasil penelitian ini menunjukkan; (1) Kondisi sosial ekonomi masyarakat Gunungkidul terutama petani sangat bergantung pada kondisi geografisnya. Curah hujan yang sangat terbatas membuat para petani mengalami kesulitan dalam bercocok tanam; (2) Revolusi hijau merupakan salah satu program yang dilaksanakan pemerintah orde baru di bidang pertanian. Adapun pelaksanaannya dilakukan dengan memberikan bibit padi unggul, melaksanakan bimbingan pada masyarakat, penyediaan pupuk anorganik, dan penyediaan pompa air. (3) Revolusi hijau telah memodernisasi aktivitas pertanian di GunungkiduL. Meskipun demikian, program ini tidak sepenuhnya berhasil. Revolusi Hijau justru lebih menguntungkan petani yang kaya daripada petani miskin. Selain itu, revolusi hijau ternyata belum mampu mencegah masyarakat terutama petani Gunungkidul dari bahaya kelaparan maupun penyakit selama masa paceklik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto