DAKWAH SUNAN GUNUNG JATI DALAM PROSES ISLAMISASI DI KESULTANAN CIREBON TAHUN 1479-1568

Titan Rohkmutiana Hardhi

Abstract


Dakwah Sunan Gunung Jati di Kesultanan Cirebon membawa banyak dampak positif bagi kehidupan masyarakat Cirebon. Tujuan penelitian ini adalah memberi gambaran mengenai kondisi geografis dan sosio-kultural Cirebon sebelum masuknya Islam, kemunculan Sunan Gunung Jati di Cirebon, wilayah, metode, dan sarana dakwah Islam yang dilakukan Sunan Gunung Jati, pengaruh dakwah Sunan Gunung Jati, serta kehidupan masyarakat Cirebon setelah proses Islamisasi di Cirebon.

Penelitian ini menggunakan metode sejarah kritis menurut Kuntowijoyo, dengan 5 tahap, yaitu pemilihan topik merupakan penentuan topik yang akan dibahas sebelum penulisan karya sejarah, pengumpulan sumber yaitu mengumpulkan atau menemukan sumber, kritik sumber yaitu telaah terhadap sumber yang telah diperoleh, interpretasi yaitu penguraian fakta-fakta yang diperoleh dari sumber untuk membentuk rangka penulisan, dan historiografi yaitu penulisan karya sejarah berdasarkan bukti yang telah dirangkai sebelumnya.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Kerajaan Cirebon yang saat ini merupakan bagian dari wilayah administratif Provinsi Jawa Barat terletak diujung timur Pantai Utara Jawa Barat dan berbatasan dengan wilayah administratif Provinsi Jawa Tengah. Cirebon awalnya adalah sebuah pedukuhan bernama Pesambangan yang berada di bawah kekuasaan kerajaan Pajajaran yang bercorak Hindu. (2) Syarif Hidayatullah merupakan putra Sultan Mesir Syarif Abdullah dan Syarifah Muda’im/Lara Santang yang kemudian menjadi Raja Pandita di Cirebon dengan sebutan Sunan Gunung Jati. (3) Metode dakwah yang dilakukan Sunan Gunung Jati meliputi metode struktural dan kultural (4) Pengaruh Islamisasi yang dilakukan Sunan Gunung Jati merubah kepercayaan masyarakat yang Hindu menjadi Islam. (5) Kehidupan masyarakat Cirebon pasca Islamisasi sebagian besar memiliki bentuk akulturasi Hindu dengan Islam.

Kata Kunci:  Islamisasi, Sunan Gunung Jati, Cirebon, 1479-1568 M.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto