PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO SLIDESHOW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 2 SMAN 1 KALASAN

Arwindira Wandanu Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan, kelebihan dan kendala media pembelajaran video slideshow untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS 2 semester II SMA N 1 Kalasan tahun 2013/2014.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terjadi 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan statistik deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan (1) Penerapan media pembelajaran video slideshow dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS 2. Adapun langkah-langkah penerapan media pembelajaran video slideshow sebagai berikut; pengajar menjelaskan ulang materi dan memberikan kesempatan siswa untuk bertanya pada saat video pause, dan dilanjutkan video play jika sudah tidak ada siswa yang bertanya. Hal tersebut dilakukan berulang-ulang hingga materi pembelajaran tersampaikan; Prestasi siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Kalasan tuntas indikator pada siklus I sebesar 80,258. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat 11,465% dari siklus I menjadi 89,49 dan dinyatakan tuntas indikator. (2) Kelebihan media pembelajaran video slideshow adalah, (a) memudahkan pengajar untuk menyampaikan materi. (b) memudahkan siswa untuk memahami materi. (c) lebih mudah digunakan saat pembelajaran. (d) mampu menarik perhatian siswa pada saat pembelajaran. Kendala penggunaan media video slideshow adalah, (a) Kabel projector yang kurang baik sehingga pencitraan video tidak optimal. (b) Tidak bersifat fleksibel karena membutuhkan energi listrik. (c) Pengajar terlalu cepat menyampaikan materi. (d) Siswa laki-laki pasif saat evaluasi.

Kata kunci: Video Slideshow, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto