PERISTIWA SENDORENG: KONFLIK ETNIS DAYAK-MADURA DI KECAMATAN SAMALANTAN DAN MONTERADO KABUPATEN BENGKAYANG PROVINSI KALIMANTAN BARAT TAHUN 1979

Antonia Yunita Fitria

Abstract


Konflik antar etnis Dayak dan Madura di Kalimantan Barat tercatat sudah terjadi sebelas kali pada rentang tahun 1950-1997. Salah satu dari sebelas konflik tersebut yang menjadi kajian dalam skripsi ini adalah tentang Peristiwa Sendoreng tahun 1979. Tujuannya adalah untuk mengetahui penyebab terjadinya, kronologis kejadiannya, dan upaya perdamaian oleh pemerintah di daerah konflik tersebut.

Skripsi ini menggunakan metode penelitian sejarah menurut Kuntowijoyo. Pertama, pemilihan topik. Kedua, heuristik atau pengumpulan sumber (sumber tertulis dan tidak tertulis). Ketiga, verifikasi atau kritik sumber baik ekstern maupun intern. Keempat, interpretasi atau penafsiran dalam mengkorelasi data yang telah terkumpul. Kelima, historiografi atau penulisan sejarah sebagai hasil dari penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab terjadinya Peristiwa Sendoreng adalah adanya kesenjangan sosial antara Dayak dan Madura; munculnya stereotip negatif dari kedua etnis; serta akibat adanya konflik yang berulang yang melibatkan kedua etnis tersebut. Awal kejadian adalah permasalahan sepele antara Asikin bin Asmadin (Madura) yang merasa terhina oleh kata-kata Sidik (Dayak) yang menegurnya untuk berhati-hati mengarit rumput agar tak terkena padi ketika mencari rumput di pematang sawah Sidik di Desa Sendoreng. Buntutnya Asikin membacok Sidik hingga meregang nyawa dan meninggal keesokan harinya di RS Bethesda Serukam. Tewasnya Sidik menyebabkan perang berkecamuk di Samalantan dan Monterado hingga merengut puluhan korban jiwa dan harta benda yang terbakar. Konflik mereda seminggu kemudian setelah aparat keamanan diturunkan dari Batalyon 641 “Beruang Hitam”, Brimob, Polres Sambas, Kodim 1202, dan Hansip-Wanra. Upaya pemerintah memediasi perjanjian damai bagi kedua etnis berhasil dilakukan, ditandai dengan dibangunnya Tugu Perdamaian di Samalantan dan Tugu Bendera di Monterado.

 

Kata Kunci:     Peristiwa Sendoreng, Samalantan, Monterado, Bengkayang, Konflik Etnis, Madura-Dayak, Kalbar, 1979.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto