TELAAH TENTANG MASA PEMERINTAHAN PERDANA MENTERI JULIA GILLARD TAHUN 2010-2013

Siti Musyarofah

Abstract


Julia Gillard merupakan wanita pertama yang berhasil menjabat sebagai Perdana Menteri Australia. Mengawali karir politik sebagai perwakilan daerah Lalor, Victoria kemudian sampai pada posisi sebagai Deputi dan akhirnya menjadi Perdana Menteri Australia pada 2010 menggantikan Kevin Rudd. Naiknya Julia Gillard sebagai Perdana Menteri Australia menjadi hal yang kontroversi karena dengan sengaja mengkudeta atasannya sendiri sekaligus rekan satu partai. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui kondisi politik Australia sebelum Julia Gillard, (2) mengetahui sosok Julia Gillard dalam dunia politik, dan (3) mengetahui kebijakan politik Julia Gillard.

Penelitian skripsi ini menggunakan metode sejarah menurut Kuntowijoyo yang terdiri dari lima tahapan yaitu: pertama pemilihan topik yang akan dikaji, kedua pengumpulan sumber (primer dan sekunder), ketiga kritik sumber untuk mengetahui keaslian sumber, keempat interpretasi untuk menafsirkan data dan fakta yang diperoleh, dan kelima penulisan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kevin Rudd merupakan Perdana Menteri Australia ke-26 sebelum Julia Gillard. Popularitas Rudd sempat tak tertandingi karena kebijakanya terhadap Suku Aborigin dan Protokol Kyoto, namun ketika memutuskan untuk menaikan pajak pertambangan popularitasnya menurun drastis. Momen itu dimanfaatkan oleh Julia Gillard untuk menggantikan posisinya, berawal dari peristiwa ini kemudian kedua tokoh terlibat konflik internal Partai Buruh. (2) Julia Gillard lahir di Inggris 29 September 1961 dari ayahnya John Gillard dan ibunya Moira Gillard. Gillard kecil mengidap sakit peradangan dinding paru-paru sehingga pindah ke Australia dan menetap di Adelaide. Sebelum memutuskan untuk terjun kedunia politik, Julia Gillard adalah seorang pengacara. (3) Setelah resmi dilantik menjadi Perdana Menteri Australia, Julia Gillard bergegas melaksanakan tugasnya, beberapa kebijakan selama kepemimpinannya adalah: penerapan pajak pertambangan yang besarnya pajak diubah menjadi 30 persen, pajak emisi karbon yang harus mengurangi emisi, pajak baru bagi yang tidak terkena banjir, kebijakan terhadap pencari suaka dengan menjadikan Timor Leste sebagai pusat pemrosesan regional, undang-undang kemasan polos, serta beberapa kebijakan terhadap Indonesia.

 

Kata kunci: Julia Gillard, Perdana Menteri Australia, tahun 2010-2013.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto