HOLLANDSCH-CHINEESCHE SCHOOL (HCS) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENDIDIKAN ETNIS CINA DI YOGYAKARTA (1912-1942)

Zuyyun Wahyuningtyas

Abstract


HCS merupakan sekolah Belanda pertama khusus untuk etnis Cina. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) latar belakang berdirinya HCS di Yogyakarta tahun 1912, (2) perkembangan HCS di Yogyakarta tahun 1912-1942, (3) pengaruh HCS terhadap pendidikan etnis Cina di Yogyakarta.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah oleh Kuntowijoyo yang terdiri dari lima tahapan. Tahap pertama adalah pemilihan topik. Tahap kedua adalah pengumpulan sumber baik primer maupun sekunder. Tahap ketiga adalah verifikasi atau kritik sumber. Tahap keempat adalah interpretasi. Tahap kelima atau terakhir adalah penulisan sejarah.

Hasil penelitian ini adalah: (1) Latar belakang berdirinya HCS di Yogyakarta pada tahun 1912 adalah Pemerintah Hindia Belanda tidak menyukai pengaruh Nasionalisme Tiongkok di sekolah T.H.H.K. Kondisi tersebut mendorong Pemerintah Hindia Belanda mendirikan HCS tahun 1908 di Batavia. HCS mulai didirikan di Yogyakarta tahun 1912 (2) Perkembangan HCS di Yogyakarta tahun 1912-1942 meliputi sarana dan prasarana seperti gedung sekolah, peralatan sekolah dan sekolah lanjutan. Kurikulum HCS disesuaikan dengan kurikulum ELS. HCS di Yogyakarta ditutup tahun 1942 karena Pemerintah Jepang melarang aktivitas sekolah Belanda (3) Pengaruh HCS terhadap pendidikan etnis Cina di Yogyakarta adalah menurunnya ketertarikan etnis Cina untuk memasuki sekolah T.H.H.K. Tamatan HCS mempunyai kesempatan untuk mengikuti ujian masuk pegawai pemerintah Hindia Belanda. Etnis Cina yang lulus ujian masuk pegawai akan mendapat pekerjaan di Pemerintahan.

 

Kata Kunci: HCS, etnis cina, yogyakarta, T.H.H.K

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto