PERKEMBANGAN SD INPRES PADA MASA ORDE BARU TAHUN 1973-1983

Panji Hidayat

Abstract


       Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendiskripsikan latar belakang kebijakan SD Inpres; (2) menjelaskan pelaksanaan kebijakan SD Inpres; (3) menjelaskan dampak kebijakan SD Inpres dari segi kuantitas dan kualitas.

       Metode penelitian ini menggunakan metode sejarah kritis menurut Kuntowijoyo. Sumber data yang digunakan terdiri dari arsip dan dokumen. Tahap penelitian yang pertama adalah pemilihan topik, tahap kedua heuristik atau pengumpulan sumber, penelitian menggunakan sumber primer berupa arsip Instruksi Presiden tentang pembangunan Sekolah Dasar dan koran, tahap ketiga verifikasi atau kritik sumber, tahap keempat interpretasi dan tahap kelima adalah historiografi.

       Berdasarkan penelitian menunjukan bahwa: (1) awal masa Orde Baru aspek pendukung pendidikan dasar sangatlah kurang, maka sejak lahirnya pemerintah Orde Baru, pembangunan sektor pendidikan menjadi salah satu perhatian utama, Presiden Soeharto mengeluarkan Instruksi Presiden tentang pembangunan Sekolah Dasar; (2) pembangunan SD Inpres mulai dibangun setelah dikeluarkannya Instruksi Presiden tahun 1973, kebijakan yang dikeluarkan merupakan kebijakan dua tahun sekali, pemerintah mengeluarkan program-program pendukung kebijakan SD Inpres, diantaranya adalah pembuatan kurikulum pendidikan, sistem pendidikan, penataran dan penempatan guru, penambahan buku-buku pelajaran, penambahan alat-alat peraga untuk menunjang pembelajaran dan pembangunan sarana prasarana lainnya; (3) Kebijakan SD Inpres berdampak pada peningkatan jumlah anak Sekolah Dasar pada tiap tahunnya dan semakin banyak gedung-gedung Sekolah Dasar walaupun pembangunannya belum merata sampai ke pelosok-pelosok desa. Penyelenggaraan pendidikan diletakkan pada perluasan pendidikan dasar dalam rangka mewujudkan pelaksanaan program wajib belajar, program ini membawa pendidikan yang lebih baik lagi. Tokoh-tokoh pendidikan mendukung program kebijakan SD Inpres, akan tetapi tetap memberikan saran dan kritik agar pemerintah selalu memperbaiki setiap kesalahan yang ada.

 Kata kunci: SD Inpres, Masa Orde Baru, tahun 1973-1983


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto