SEKOLAH GURU KEPANDAIAN PUTRI NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 1946-1964

Rosita Nur Anarti

Abstract


SGKP Negeri Yogyakarta merupakan sekolah kejuruan dan keguruan. Sekolah ini berperan besar dalam pendidikan kejuruan wanita di tahun 1946-1964. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) latar belakang berdirinya SGKP Negeri Yogyakarta tahun 1946; (2) perkembangan SGKP Negeri Yogyakarta tahun 1946-1964; dan (3) penutupan SGKP Negeri Yogyakarta tahun 1964.

                Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah oleh Kuntowijoyo yang terdiri dari beberapa tahapan. Tahap pertama adalah pemilihan topik yang akan diteliti. Tahap kedua adalah pengumpulan sumber baik primer maupun sekunder. Tahap ketiga adalah verifikasi atau kritik sumber. Tahap keempat adalah interpretasi untuk menafsirkan fakta-fakta sejarah yang ditemukan. Tahap kelima atau terakhir adalah historiografi atau penulisan sejarah.

                Hasil penelitian ini adalah: (1) Latar belakang dibukanya SGKP Negeri Yogyakarta adalah perpindahan SGTP Jakarta ke Yogyakarta karena kondisi keamanan di ibu kota yang kacau. Sekolah ini berdiri pada tanggal 1 Januari 1946 di Lempuyangwangi dengan nama SGKP Negeri Yogyakarta. SGKP sempat ditutup semantara pada masa Revolusi Fisik; (2) Perkembangan SGKP Negeri Yogyakarta tahun 1946-1964 meliputi sistem pendidikan keguruan maupun kejuruan tingkat menengah atas. Sekolah ini bertujuan untuk menghasilkan guru SKP serta tenaga pembangunan di bidang kerumahtanggan. Perkembangannya juga meliputi kurikulum dengan masa belajar 4 tahun. Mata pelajaran di SGKP dibagi menjadi bagian rumah tangga, menjahit dan kerajinan tangan, serta bagian umum. Sekolah ini berpindah-pindah tempat sampai akhirnya menetap di Lempuyangwangi. Buku-buku sebagai sarana belajar belum terpenuhi sampai tahun 1955; (3) Penutupan SGKP Negeri Yogyakarta disebabkan karena pergantian kurikulum tahun 1964 dan perubahan kebijakan pendidikan. Selain itu, SGKP sudah tidak sesuai dengan tuntutan masyarakat dan SKP telah ditutup secara bertahap mulai tahun 1962/1963. Dampak penutupan SGKP ini adalah dibukanya SKKA Negeri Yogyakarta dan perubahan istilah kepandaian putri menjadi kesejahteraan keluarga. Sebagian besar ahli pendidikan berpendapat bahwa penutupan SGKP dan pembukaan SKKA hanya perubahan nama.

Kata kunci: SGKP Negeri Yogyakarta, tahun 1946-1964


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto