KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH ANGKATAN 2014 PADA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

Ahmad Santoso

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah  mengetahui penguasaan kompetensi pedagogik dan penguasaan kompetensi profesional mahasiswa program PPL prodi pendidikan sejarah; dan  mengetahui tingkat keberhasilan mahasiswa program PPL prodi pendidikan sejarah . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Wawancara dilakukan kepada enam mahasiswa program PPL prodi pendidikan sejarah, dua Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) PPL, tiga guru pembimbing, dan enam siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi, dengan membandingkan pendapat dari Mahasiswa dengan guru pembimbing, DPL serta siswa. Berdasarkan hasil penelitian wawancara ini menunjukkan penguasaan kompetensi pedagogik mahasiswa prodi pendidikan sejarah yang melaksanakan program PPL di SMAN 5 Yogyakarta dan SMK Muhammadiyah 1 Borobudur baik karena menguasai poin poin komptensi pedagogik, sedangkan mahasiswa yang melaksanakan program PPL di SMAN 1 Tempel tidak menguasai dengan sempurna Kompetensi Pedagogik, Mahasiswa prodi pendidikan sejarah yang melaksanakan program PPL di SMAN 1 Tempel menguasai beberapa kompetensi profesional, sedangkan mahasiswa yang melaksanakan program PPL di SMAN 5 Yogyakarta dan SMK Muhamadiyah 1 Borobudur telah menguasai sebagian besar poin kompetensi professional.

 

 

Kata kunci: kompetensi pedagogic, kompetensi profesional, dan program PPL


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto