UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS X MIPA 3 SMA N KLATEN JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2017/2018

Afif Fuad Humam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan minat belajar siswa kelas X MIPA 3 di SMA N 3 Klaten Jawa Tengah Tahun Ajaran 2017/2018 melalui penerapan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Taggart, terjadi dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode SQ3R dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas X MIPA 3 di SMA N 3 Klaten Jawa Tengah Tahun Ajaran 2017/2018. Pada siklus I rata-rata angket minat belajar siswa sebesar 74,75% meningkat sebesar 11,52% dari prasiklus. Sedangkan hasil observasi siklus I 73,3% meningkat sebesar 23,3% dari prasiklus. Pada siklus II penerapan metode SQ3R dilakukan dengan penambahan permainan Pin Ball berhadiah dengan rata-rata angket minat belajar siswa sebesar 81,91% meningkat 7,16% dari siklus I. Sedangkan hasil observasi 80% meningkat 7,3% dari siklus I. Dengan demikian penerapan metode SQ3R lebih optimal jika di tambahkan dengan permainan Pin Ball berhadiah.

 

Kata Kunci: Minat belajar siswa, SQ3R, pembelajaran sejarah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto