PENERAPAN METODE COURSE REVIEW HORAY (CRH) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA N 1 GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA KELAS X IPS 1 TAHUN AJARAN 2017/2018

Gustina Ayu Widasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah melalui penerapan metode Course Review Horay (CRH) kelas X IPS 1 di SMA N 1 Gamping, Sleman, Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Taggart, yang setiap siklusnya mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan metode CRH dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X IPS 1 di SMA N 1 Gamping, Sleman, Yogyakarta. Hal ini dapat diketahui berdasarkan hasil angket dan observasi penerapan metode CRH. Pada siklus I hasil rata-rata angket motivasi belajar siswa sebesar 75,18% sementara hasil observasi siklus I sebesar 77,7%. Pada siklus II penerapan metode CRH dilakukan dengan penambahan media audio visual dengan hasil rata-rata angket motivasi belajar siswa sebesar 80,80%, sementara hasil observasi siklus II sebesar 85,18%. Maka penerapan metode CRH lebih optimal dengan penambahan media audio visual.

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Metode Course Review Horay (CRH)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto